10 Langkah Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Interview Kerja

Sumber: Us.experteer

Melakukan interview kerja tidak selamanya mudah. Ada saat dimana Anda sendiri yang menjadi biang keladi gagal wawancara kerja. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kesempatan selalu ada bila Anda benar-benar mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut. Rasa gugup untuk menghadapi pewawancara memang tidak dapat ditutup-tutupi, namun dengan perencanaan yang matang, Anda dapat membawa diri Anda untuk bisa menjadi bagian dari karyawan di perusahaan yang Anda lamar. Dan di bawah ini adalah tips-tips yang dapat Anda ikuti untuk bisa sukses interview kerja.

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Untuk Menghadapi Interview Kerja

Beberapa Jam Sebelum Wawancara Kerja

  • Makanlah Dengan Benar

Adalah penting untuk mengisi perut sebelum melakukan interview kerja. Tidak hanya di pagi hari, namun juga malam sebelumnya agar Anda tetap fit di hari berikutnya. Untuk itu, pilihlah nutrisi makanan yang tepat dan ingatlah untuk membatasi konsumsi kopi 1 – 2 cangkir karena hal ini dapat membuat Anda merasa gugup.

  • Periksa Keadaan Cuaca

Kelihatannya poin ini memang sepele namun tidak ada salahnya Anda mempersiapkan diri dengan membawa payung, mantel, atau aksesoris lain untuk melindungi Anda dari baju basah jika ramalan cuaca mengatakan hari tersebut akan turun hujan.

  • Perhatikan Sepatu Anda

Sepatu adalah alas kaki yang penting untuk diperhatikan saat Anda menghadiri interview kerja. Karena itu, pastikan bila sepatu yang dikenakan nyaman dan bersih. Anda bisa menyiapkan sepatu dan kaos kaki malam sebelumnya agar tidak gugup di pagi hari.

  • Siapkan Tas yang Akan Digunakan

Mempersiapkan tas juga perlu Anda lakukan untuk menaruh dokumen. Selain itu, Anda bisa membawa deodoran, makeup, permen mint, kaca kecil atau perlengkapan lain untuk menjaga penampilan Anda agar tidak terlihat berantakan.

Satu Jam Sebelum Interview Kerja

  • Bicaralah Dengan Teman Anda

Anda dapat menelpon teman untuk percakapan singkat agar beban pikiran Anda menjadi semakin ringan. Usahakanlan untuk tidak membicarakan tentang wawancara kerja Anda, namun fokuslah pada cerita-cerita ringan yang membuat rasa tegang dan gugup semakin berkurang.

  • ‘Pompalah’ Semangat Anda

Tingkatkanlah volume semangat dan energi Anda. Tidak ada pewawancara yang mau berbicara dengan orang yang terlihat kelelahan, apalagi harus mempekerjakannya. Perusahaan ingin karyawan yang hidup dan bersemangat. Jika suka, Anda dapat mendengarkan lagu atau membaca kata-kata motivasi untuk lebih memompa energi. Santailah sedikit dan biarkan kepribadian Anda yang bersinar.

Beberapa Menit Sebelum Interview Kerja

  • Matikan Ponsel Anda

Mematikan ponsel sangat penting untuk dilakukan. Anda perlu menghindari gangguan-gangguan yang justru dapat membuat Anda gagal wawancara kerja. Ini adalah momen penting dan Anda harus terikat dengan pewawancara agar pikiran tidak ‘mendadak’ buyar karena mendapat panggilan telepon.

  • Hidrasi Tubuh Anda

Minumlah sebelum Anda masuk ke ruang untuk interview kerja. Menghidrasi tubuh adalah salah satu kunci untuk bisa fokus. Anda dapat membawa sendiri botol minum dari rumah, atau menerima minuman yang ditawarkan oleh resepsionis agar mulut tidak kering.

  • Ambil Napas Panjang

Saat giliran untuk wawancara tiba, ambilah napas panjang dengan menghirup udara dari hidung dan melepaskannya dari mulut. Kegelisahaan Anda bisa berkurang dengan melakukan hal tersebut. Anda juga dapat kembali fokus dan konsentrasi untuk momen penting tersebut.

  • Tersenyumlah

Tindak-tanduk yang positif adalah segalanya dan sikap tersebut dapat dilihat dari senyum yang Anda berikan pada pewawancara yang sudah siap menyambut Anda. Memberi kesan positif saat memasuki ruangan untuk interview kerja harus Anda lakukan untuk menyampaikan aura yang baik mengenai diri Anda.

Tips melakukan interview kerja di atas dapat membantu Anda untuk bisa tetap tenang dan fokus saat menghadapi wawancara. Semoga berhasil.