3 Alasan Orang Introvert Cocok Menjadi Seorang Pemimpin

Menjadi Seorang Pemimpin
Sumber : coachayers

Kepribadian orang intovert yang kerap terlihat pendiam, tertutup, tidak handal dalam berkomunikasi, dan lainnya, menyebabkan banyak orang meragukannya menjadi seorang pemimpin. Hal ini bertolak belakang dengan orang ekstrovert yang terlihat selalu percaya diri tampil di depan umum, mudah membangun relasi, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak heran, banyak orang beranggapan bahwa orang ekstrovert lebih cocok untuk menjadi seorang pemimpin dibandingkan orang introvert.

Namun, anggapan tersebut tidak terbukti benar karena ada beberapa karakteristik orang introvert yang masuk dalam kriteria pemimpin. Inilah 3 alasan orang introvert dapat memiliki peluang yang sama dengan orang ekstrovert untuk menjadi seorang pemimpin.

Karakteristik Orang Introvert untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Berhati-hati

Orang introvert merupakan orang yang selalu berhati-hati dalam bertindak. Ketika dihadapkan pada suatu kondisi atau masalah, orang introvert cenderung tidak panik dan gegabah dalam mengambil keputusan. Hal ini menyebabkan keputusan yang diambil lebih dapat diandalkan dan mampu dipertanggungjawabkan. Ini tidak berarti orang ekstrovert cenderung gegabah. Selama dapat dipertanggungjawabkan, maka setiap keputusan sah-sah saja untuk diberlakukan. Yang membedakannya, orang intorvert cenderung membutuhkan waktu dalam mengambil keputusan. Namun, keputusan tersebut didasari pemikiran yang matang untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Pengamat yang Baik

Tidak begitu peka dalam berkomunikasi, orang introvert lebih suka mengamati orang-orang maupun lingkungan di sekitarnya. Hal ini membuat orang introvert jeli melihat sifat, karakter, maupun potensi dalam diri setiap orang yang ditemuinya. Meskipun karakter pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, namun dengan hasil pengamatan dan pemikiran yang kuat, orang introvert mampu membuahkan hasil pemikiran lebih baik dibandingkan hanya dengan kata-kata. Dengan kemampuan pengamatan yang baik, seorang pemimpin akan mampu untuk menemukan dan mencari solusi penyelesaian secara efektif.

Mandiri

Sifat orang introvert yang cenderung pendiam dan tidak menyukai keramaian, membuat mereka mampu menjadi pribadi mandiri. Meskipun bekerja memerlukan kerja sama yang kuat dalam tim, namun terkadang berharap hanya pada tim saja tidaklah cukup. Dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat mengarahkan dan mengerti permasalahan yang dihadapi, serta penyelesainnya. Karakter ini yang ada dalam diri orang introvert, sehingga dapat diandalkan ketika harus bekerja seorang diri.

Ada banyak contoh pemimpin sukses yang merupakan orang introvert. Sebut saja Bill Gates, Larry Page, dan Mark Zuckerberg yang dikenal akan kesuksesannya dalam memimpin perusahaan dari nol. Nah, apakah Anda pemimpin introvert sukses berikutnya?