Unik, Yuk Intip 3 Hak Mutlak Pemimpin Tertinggi Kerajaan Inggris

Saat ini Kerajaan Inggris dipimpin oleh Ratu Elizabeth II. Sejak pertama kali ditahbiskan sebagai Ratu Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II memiliki sejumlah hak mutlak yang otomatis melekat pada dirinya.

Dari banyaknya hak mutlak yang dimiliki oleh Ratu Elizabeth, tiga di antaranya cukup unik dan aneh. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya yang bisa kamu simak.

Tidak Perlu Memiliki Surat Izin Mengemudi

hak mutlak
Sumber: Tribunnews

Sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II bisa bebas mengendarai segala jenis kendaraan yang ada di Inggris tanpa perlu memiliki driving license (SIM). Hak khusus ini juga sudah berlaku sejak peraturan mengemudi diterapkan.

Dalam hal ini, secara Undang-Undang, Ratu Elizabeth II boleh mengemudikan pesawat terbang, kapal laut, bahkan kendaraan tempur milik Kerajaan Inggris secara bebas. Namun, karena alasan keselamatan, tentu sang Ratu tidak akan melakukan hal ekstrem tersebut.

Info tambahan, salah satu syarat agar Surat Izin Mengemudi masyarakat Inggris dinyatakan sah, harus disertai tanda tangan sang Ratu. Jika tidak ada bubuhan tanda tangan Ratu, maka SIM tersebut dianggap palsu dan tidak sah.

Baca Juga: Ini Tradisi dan Etika Seputar Pernikahan Kerajaan Inggris

Memiliki Segala Tumbuhan serat Hewan di Daratan Inggris

Dengan menjabat sebagai Ratu Kerajaan Inggris, secara hukum Ratu Elizabeth II juga dinyatakan sebagai pemilik sah dari segala jenis tumbuhan dan hewan yang ada di Inggris. Hak mutlak yang satu ini juga mencakup tumbuhan dan hewan langka sekalipun.

Ya, secara garis besar Ratu Elizabeth II adalah pemilik ikan hiu, lumba-lumba, paus, hutan, beruang dan semua jenis hewan yang hidup di Inggris. Ratu juga diizinkan untuk memelihara hewan-hewan yang dilindungi tersebut.

Sekadar informasi, Raja George I yang memerintah daratan Inggris pada 1714 silam, pernah menjadikan paus pembunuh (orca) sebagai ajang sport pribadinya. Yakni, diburu dengan cara dilemparkan tombak dari atas kapal kecil.

Kebal Hukum

Ratu Elizabeth II yang menjabat sebagai Pemimpin Tertinggi Kerajaan Inggris juga secara otomatis menjadi Pemimpin Tertinggi Negara Inggris. Dalam hal ini, Ratu adalah orang yang merancang, menerapkan, dan mengesahkan Undang-Undang di Inggris.

Dalam konteks ini, Pemimpin Tertinggi Kerajaan Inggris juga memiliki hak mutlak untuk terbebas dari jeratan hukum. Jadi, sekalipun Ratu terbukti membunuh, maka Ratu tetap tidak akan dihukum atas perbuatannya. Wah, untung saja Ratu tidak menyalahgunakan hak ini.

Baca Juga: Tidak Sembarang, Daftar Makanan Ini Sangat Pantang Dikonsumsi oleh Ratu Elizabeth II

Nah, itulah tiga hak mutlak yang dimiliki oleh Ratu Elizabeth II sebagai Pemimpin Tertinggi Kerajaan Inggris. Saat ini, sang Ratu sudah menyatakan keinginannya untuk pensiun.

Menurut rumor yang beredar, posisi Ratu Elizabeth II akan di wariskan kepada cucunya, Pangeran William. Jika benar demikian, maka hak-hak mutlak di atas secara otomatis akan berpindah kuasa kepada Pangeran William.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here