4 Kesalahan Berpakaian Saat Wawancara Kerja yang Membuat Anda Gagal Total

10
Kesalahan Berpakaian Saat Wawancara Kerja

Tes wawancara menjadi langkah penting yang harus dilakukan bagi setiap pelamar kerja. Tanpa lolos tes wawancara Anda tidak bisa menjadi karyawan di perusahaan yang Anda inginkan. Tes wawancara ini sekan menjadi jembatan penting yang menghubungkan Anda ke perusahaan. Dalam tes wawancara ini, Anda harus menyiapkan berbagai hal supaya pihak perekrut bisa terkesan kepada Anda, mulai dari cara berpakaian, make up, hingga bahasa tubuh.

Setelah Anda menyiapkan semua materi dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis busana yang tepat. Ada beberapa busana yang direkomendasikan untuk dipakai saat wawancara kerja, tapi ada juga beberapa jenis busana yang harus dihindari saat mengikuti tes wawancara kerja. Jika Anda ingin lolos tes interview, maka hindarilah empat cara berpakaian berikut ini.

Kesalahan Berpakaian Saat Wawancara Kerja

Berpakaian Terlalu Kasual

Perlu diingat, tes wawancara merupakan kegiatan yang formal dan berhubungan dengan dunia kerja. Maka dari itu, Anda harus menggunakan pakaian yang sopan. Jangan menggunakan busana yang terlalu kasual karena Anda akan pergi ke kantor perusahaan bukan jalan-jalan. Jadi, sebaiknya gunakan celana ataupun rok yang dipadukan dengan kemeja sehingga akan terlihat lebih sopan. Boleh menggunakan aksesoris asalkan tetap terkesan sopan dan terlihat menarik.

Pakaian yang Terlalu Vulgar

Hindari busana yang terlalu vulgar karena akan menciptakan kesan tidak sopan. Jangan mengutamakan keseksian saat mengikuti tes interview karena pewawancara kerja tidak membutuhkan keseksian tubuh Anda. Maka dari itu, pilihlah rok yang dibawah lutut dan celana kain yang tidak terlalu ketat. Sementara untuk atasan, Anda bisa menggunakan kemeja berkerah yang bisa menutupi bagian dada.

Memakai Busana yang Terlalu Banyak Motif

Hindari penggunaan busana yang terlalu banyak motif karena akan menimbulkan kesan berlebihan. Dalam mengikuti tes wawancara Anda, sebaiknya menggunakan busana yang simpel dengan warna polos supaya tetap sopan dan rapi.

Memakai Aksesoris yang Berlebihan atau Kurang Tepat

Menggunakan aksesoris mungkin akan meningkatkan gaya penampilan Anda. Namun, saat tes interview berlangsung, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan aksesoris yang berlebihan. Supaya terkesan tetap sopan dan formal, Anda hanya dianjurkan menggunakan jam tangan dan juga bros pada busana ataupun jilbab.

Itulah beberapa gaya busana yang perlu dihindari saat Anda mengikuti tes wawancara kerja.