‘Zonk’! Gagal Diet, Anda Mungkin Lakukan 4 Kesalahan Ini

Metode dan tips diet bertebaran di pelbagai media, terutama dunia maya. Fenomena ini menggambarkan seolah semua orang mendadak menjadi ahli gizi. Anda mungkin sempat bertanya-tanya apakah tips diet yang Anda pilih akan efektif menurunkan berat badan. Jangan sampai Anda sudah menahan rasa lapar dan melewati siksaan tetapi hasilnya ‘zonk’. Akhirnya, Anda gagal diet.

Nah, agar Anda tidak kecewa, pahami beberapa tips diet yang salah dan yang harus Anda hindari menurut para ahli:

Berhenti Mempercayai Tips Diet yang Salah dan Tak Bisa Dipertanggungjawabkan!

Diet Mampu Menurunkan Bobot Tertentu pada Waktu Tertentu

Tidak ada yang akurat, terutama dengan masalah diet. Jika Anda membaca klaim tentang program diet yang mampu menurunkan jumlah bobot tertentu dalam periode waktu tertentu, maka dipastikan Anda gagal diet.

Apa yang Anda dengar hanyakah janji palsu yang kemungkinan tepat sasarannya sangat kecil. Genetika setiap orang berbeda, maka cara diet yang sama tidak akan memberikan pengaruh yang sama pada setiap orang, apalagi dalam waktu yang sama.

Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Kalori Secara Subtansif

Satu-satunya cara untuk membakar lemak adalah dengan membakar kalori. Untuk membakar kalori, Anda harus hidup dan bernapas karena sebagian besar kalori yang terbakar berasal dari energi yang dimasukkan tubuh untuk menjaga sistem tetap bekerja atau disebut sistem metabolisme basal.

Cara lain untuk membakar kalori adalah melalui pencernaan makanan dan berolahraga atau bergerak. Jika ada cara lain terkait metabolisme dan pembakaran kalori selain tiga hal tersebut, maka abaikan!

Baca Juga: Olahraga Sore Hari? Apa Ada Manfaatnya Untuk Tubuhmu?

Menghindari Makanan Tertentu yang Dibutuhkan Tubuh

Beberapa tips diet yang salah justru menyarankan Anda untuk membuang makanan tertentu dalam menu diet. Misalnya, Anda diharuskan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat, kacang-kacangan atau jenis lainnya untuk menurunkan berat badan. Padahal makanan tersebut dibutuhkan tubuh.

Semakin lengkap asupan makanan maka tubuh akan menerima nutrisi yang lebih banyak dan sempurna. Ada juga diet ketat yang membebani Anda secara emosional, misalnya membuang makanan favorit dalam menu makan siang atau selalu mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya. Berpikirlah lebih bijak, diet tersebut tidak sehat bagi tubuh maupun emosi Anda. Jangan sampai Anda gagal diet setelah tersiksa secara batin.

Selalu Percaya Kepada para Ahli

Masalah diet memang perbincangan tanpa akhir. Satu hal yang masih membingungkan adalah siapa sosok yang dianggap paling mampu untuk menentukan jenis diet terbaik bagi Anda.

Mendengarkan nasihat dokter, ahli gizi atau pakar diet terpercaya memang pilihan yang paling tepat. Namun, perlu Anda pahami, mereka tidak benar-benar mengetahui kondisi tubuh setiap orang yang datang berkonsultasi.

Menggunakan saran mereka sebagai referensi tentu tidak salah, tapi Anda juga harus melakukan evaluasi apakah program diet yang Anda lakukan sudah sesuai dengan kondisi tubuh atau tidak.

Beri komentar Anda tentang artikel ini