4 Kesalahan Kepemimpinan Terbesar dan Terumum yang Harus Anda Jauhi

kesalahan kepemimpinan
Sumber: teamsofdisinction

Berhasil menjadi seorang atasan atau bos atau bahkan pemilik bisnis? Kini hari-hari Anda menjadi seorang bawahan sudah berakhir, waktunya berjuang menjadi seorang pemimpin yang baik. Jika Anda pernah mencoba mengelola orang-orang dan ide-ide mereka, maka Anda pasti tahu bahwa ini adalah hal yang sangat sulit. Ada banyak sekali jebakan yang Anda bisa terjatuh di dalamnya saat sedang memimpin. Namun selama Anda memerhatikan baik-baik apa yang Anda lakukan, maka adalah hal yang memungkinkan untuk menjaga agar diri Anda tidak terjebak melakukan berbagai kesalahan kepemimpinan ini.

Kesalahan Kepemimpinan yang Harus Dijauhi Setiap Bos

Tidak Mendengarkan Orang Lain

memberikan saran yang buruk

Dua otak lebih baik dari satu otak saja, kan? Apalagi jika lebih. Bahkan ketika Andalah yang sedang memipn. Ide dari orang-orang lain juga sangatlah berharga. Tidak ada dua orang yang melihat dua permasalahan dengan cara yang sama. Jadi berpikir bahwa Anda selalu tahu yang terbaik adalah benar-benar merupakan sebuah pemikiran yang sempit. Jika Anda tidak selalu menerima nasehat atau ide orang lain, mengakui atau mendengarkan perspektif lain saja bisa membantu menginformasikan keputusan yang pada akhirnya adalah milik Anda sendiri. Jadi, jangan sampai melakukan sebuah kesalahan kepemimpinan yang malah akan membuat Anda tak mampu membuat keputusan yang baik.

Baca Juga : 3 Kesalahan Terbesar Pengaturan Waktu yang Bisa Merusak Produktivitas Bekerja

Melupakan Detail

pejamkan mata
Sumber: stuffmomnevertoldyou

Gambar besar adalah hal yang sangat penting, dan sebagai pemimpin, adalah tugas dan pekerjaan Anda untuk menentukan apa ini. Ini juga pekerjaan Anda untuk memastikan agar perusahaan Anda berada pada jalan yang benar untuk meraih gol-gol penting yang telah Anda atur. Namun, ada satu hal yang harus Anda ingat. Semua obyektif-obyektif besar tersebut tidak akan bisa berhasil tanpa serangkaian proyek dan kemenangan kecil lainnya. Adalah hal yang benar jika Anda tidak ingin meributkan hal-hal kecil. Tetapi, Anda juga tidak akan bisa benar-benar menyerahkan segalanya kepada karyawan bawahan Anda tanpa melakukan pengawasan atau setidaknya mengetahui bagaimana operasi tersebut berjalan. Buatlah sebuah upaya untuk memahami tugas hari ke hari seluruh departemen di perusahaan Anda. Dengan cara ini, Anda akan bisa tahu jika ada yang salah.

Gagal Mengenali Kesuksesan Individual

Sumber : YMI Today

Pujian adalah sebuah motivator yang sangat hebat. Salah satu kesalahan kepemimpinan yang paling sering terjadi adalah lupa atau menganggap memberikan pujian kepada orang yang pantas menerimanya bukanlah sebuah hal yang penting. Padahal, jika seseorang memang telah melakukan sesuatu yang sangat baik, maka orang tersebut pantas untuk mendapatkan pujian atau penghargaan. Sangat penting untuk tidak mengaku-akui kesuksesan yang sebenarnya diupayakan oleh orang lain, karena ini malah akan mengalienasi dan membuat orang tersebut menjadi defensif. Buatlah karyawan Anda merasa bahwa mereka adalah sebuah bagian dari tim kolaboratif dan bukannya seorang diktator yang haus kekuasaan.

Tidak Terbuka pada Perubahan

tidak bahagia selama bekerja
Sumber : cheatsheet

Kesalahan kepemimpinan yang paling umum dan fatal berikutnya adalah keras kepala pada sebuah metode dan tidak mau berubah. Adalah hal yang mudah untuk menjadi nyaman dengan cara berbagai hal bekerja, tetapi sistem berdasarkan bawaannya memang berevolusi. Dalam kebanyakan kasus, ada peningkatan yang memang akan terjadi terhadap proses apa pun, ide apa pun, atau produk apa pun. Jadi, jika Anda melihat ada peningkatan yang bisa dibuat untuk meningkatkan efisiensi atau produktivitas, jangan melawannya!

Masih begitu banyak lagi kesalahan kepemimpinan yang harus Anda hindari, ingatlah untuk berangkat dari premis bahwa seorang pemimpin yang baik akan bertanggung jawab sepenuhnya tanpa mengontrol sepenuhnya operasi pada departemennya. Selamat bekerja!