4 Nasihat Karier di Usia 20-an Ini Bisa Bikin Kamu Semangat

Nasihat karier di usia 20-an sangat butuh direnungkan oleh para generasi Z masa kini. Banyak loh karyawan-karyawan muda yang merasa “tersesat” dalam berkarier. Andai tidak segera keluar dari kegalauan, bukan tak mungkin generasi Z makin merasa tidak nyaman dalam bekerja.

Mengeluh bukan satu-satunya jalan terbaik yang bisa bikin hatimu lega. Berikut ada beberapa nasihat karier di usia 20-an yang bisa jadi bahan perenungan buatmu. Kalau lagi capek kerja, coba deh berkaca kembali di dirimu.

Jangan Larut dalam Kesedihan Saat Berbuat Kesalahan

Siapa pun pasti pernah bikin kesalahan dalam bekerja. Entah itu sengaja maupun tidak disengaja. Yang terpenting bukan besar kecilnya kesalahan tersebut, tapi hikmah apa yang bisa diambil.

Wajar jika kamu sedih dan menyesal ketika membuat kesalahan, terlebih sampai ditegur atasan. Hanya saja, jangan sampai kesedihanmu itu berlarut-larut terlalu lama. Kamu masih muda dan masih banyak kesempatan untuk belajar dari kesalahanmu agar menjadi karyawan lebih baik.

Tentukan Tujuan Kariermu Sebaik Mungkin

Nasihat karier di usia 20-an yang paling sering diberikan adalah tetapkan tujuanmu dalam berkarier. Buat peta karier untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang. Tenang, kamu bisa kok merancang kariermu pelan-pelan, minimal dua tahun ke depan.

Menentukan tujuan karier membantumu memahami apa yang kamu inginkan dalam berkarier. Bisa jadi awalnya kamu menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Siapa tahu, kamu kelak bisa membuka bisnis sendiri saat bekal pengalaman sebagai karyawan sudah cukup.

Baca Juga: Kesalahan Terbesar dalam Karier yang Anda Lakukan di Usia 20-an

Tidak Masalah kalau Sewaktu-waktu Gelisah akan Karier

Apakah kamu sering galau karena merasa tidak bekerja di bidang yang tepat? Apakah kamu merasa kehilangan arah dalam menentukan karier? Tenang, hal ini sangat wajar karena setiap orang pasti pernah berada di fase ini.

Nasihat karier usia 20-an berikutnya adalah terima semua rasa gelisah atau kecewamu dalam berkarier. Justru dari kegelisahan itulah kamu terpacu untuk menemukan jawaban yang tepat bagi masa depanmu. Percaya saja, memilih karier juga merupakan bagian dari quarter life crisis kok.

Bekerjalah Lebih dari Sekadar Menerima Gaji Semata

Apa motivasimu dalam bekerja? Selagi masih muda dan memiliki jalan berkarier panjang, sebisa mungkin serap pengalaman sebanyak mungkin. Jangan hanya terpaku pada gaji bulanan semata, melainkan juga nilai-nilai penting dalam berkarier.

Saat kamu lebih termotivasi belajar alih-alih bekerja semata, pintu menuju kesuksesan pun akan terbuka sendiri. Kamu menjadi lebih bersemangat dalam mencapai tujuan karier. Kalau sudah begitu, gaji alias penghasilan lebih baik pun pasti mengikutimu.

Jadi, nasihat karier di usia 20-an mana yang cocok untukmu? Tidak apa sekali-sekali galau saat bekerja. Asal, jangan lupa untuk segera bangkit dan bangun karier impianmu mulai sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here