4 Penyebab Utama Turunnya Produktivitas Saat Bekerja

Turunnya Produktivitas Kerja
Sumber : rise4you

Produktivitas kerja merupakan faktor penunjang utama untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Menjadi seorang pekerja yang produktif adalah hal yang selalu diusahakan keras oleh setiap pekerja. Perusahaan sangat menghargai jenis-jenis pekerja dengan produktivitas tinggi, sehingga kenaikan jabatan dan karir sangat mungkin didapatkan oleh pekerja produktif. Nyatanya, hal tersebut masih jauh dari ekspektasi, karena banyak dari para pekerja yang kehilangan produktivitas kerja. Jika Anda juga mengalaminya, maka Anda harus mengetahui hal-hal utama yang menyebabkannya. Inilah 4 penyebab utama turunnya produktivitas yang paling sering ditemukan dari para pekerja.

4 Penyebab Turunnya Produktivitas Kerja

Menunda Pekerjaan

Procrastination
Sumber : lifehacker

Setiap pekerjaan pasti memiliki tingkat kesulitan dan kejenuhan tersendiri. Ketika Anda menerima sebuah tugas kerja yang rumit, Anda mungkin memilih untuk menunda mengerjakannya. Nyatanya, menunda pekerjaan hanya memberikan Anda kerugian dari segi waktu dan semakin menumpuknya pekerjaan.

Jika Anda merasa kesulitan dengan pekerjaan yang dihadapi, cobalah untuk membagi-bagi pekerjaan tersebut menjadi bagian-bagian kecil. Dengan itu, Anda akan merasa lebih mudah untuk mengerjakannya sehingga tanpa terasa Anda mampu menyelesaikan tugas yang berat dan sulit sekalipun dengan tepat waktu.

Mudah Terpancing dengan Gangguan

Distractions
Sumber : safetypartnersltd

Gangguan dalam bekerja tidak bisa Anda hindari, karena pasti akan selalu muncul.. Hal tersebut bisa berasal dari rekan kerja, lingkungan, maupun internet. Anda mungkin saja sering mendapatkan kegaduhan dari rekan kerja yang memang terkenal iseng. Selain itu, membuka situs-situs maupun media sosial yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan hanya membuat konsentrasi buyar saat bekerja.

Di sini, Anda harus mampu tegas dan disiplin pada diri. Katakan bahwa Anda sedang tidak ingin diganggu oleh siapapun ketika memiliki pekerjaan yang sangat penting. Selain itu, mematikan koneksi internet juga ampuh untuk mencegah diri Anda berselancar di dunia maya, hanya untuk mencari hiburan.

Tidak Memiliki Rencana Kegiatan

Rencana Kegiatan
Sumber : holykaw

Bekerja secara efisien berarti Anda harus mengetahui jenis pekerjaan berdasarkan prioritasnya. Ketika Anda dihadapkan pada pekerjaan dalam jumlah yang banyak, Anda akan merasa kesulitan untuk menentukan mana yang pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, Anda harus membuat jadwal perencanaan kegiatan secara terorganisir. Dengan perencanaan tersebut, Anda mampu melihat gambaran jelas mengenai semua pekerjaan yang sedang menunggu. Setelah itu, Anda hanya perlu untuk menentukan mana pekerjaan yang merupakan prioritas utama hingga yang tidak terlalu mendesak untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Tidak Beristirahat

No Rest
Sumber : keranews

Duduk di depan komputer seharian penuh bukanlah kegiatan yang dapat menunjang produktivitas. Sebaliknya, Anda akan cepat merasa jenuh dan stres, sehingga ide dan inspirasi tidak kunjung muncul.

Sempatkan diri Anda untuk mengambil waktu istirahat sejenak dari meja kerja. Anda bisa memilih untuk bersantai di ruang istirahat kantor ataupun berjalan-jalan sejenak keluar dari kantor. Dengan demikian, Anda bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran yang dapat digunakan kembali untuk bekerja lebih efisien.