4 Tips dan Trik untuk Menghadapi Rekan Kerja Bermuka Dua

two-faced people
sumber : neilrosenthal

Di dalam dunia kerja, Anda pasti menemui berbagai jenis rekan kerja dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda. Di antara itu ada satu tipe yang sangat tidak disukai di kalangan karyawan, yakni tipe yang bermuka dua. Berhati-hatilah jika Anda bekerja dengan rekan kerja bermuka dua.

Karyawan tipe ini biasanya bersikap baik dan senang memuji di depan Anda, namun bisa menjelek-jelekkan Anda pada atasan dan karyawan lain di belakang. Tidak hanya itu, karyawan tipe ini juga suka untuk menjadi penjilat untuk mendapatkan kesan baik dari atasan. Hal tersebut memang bisa menyebabkan Anda menjadi gusar dan frustasi ketika sedang bekerja. Gunakan 4 tips dan trik berikut untuk menghadapi karyawan bermuka dua di kantor.

Tips dan Trik Menghadapi Rekan Kerja Bermuka Dua

Abaikan Segala Tindakannya

Karyawan bermuka dua pasti sering menampakkan sifat buruknya ketika sedang bekerja. Ketika dirinya mulai untuk membahas hal negatif tentang orang lain, Anda cukup mengabaikan setiap perkataannya. Jangan ikut terpancing dengan bahasan negatif tersebut karena hanya akan membuat fokus dan pekerjaan Anda menjadi terganggu. Cara ini juga berguna untuk menyadarkan si muka dua bahwa tidak ada yang senang menanggapi hal-hal negatif yang dia utarakan.

Tidak Menceritakan Hal Pribadi

Orang yang bermuka dua gemar untuk mengumpulkan informasi pribadi dari setiap orang yang dia temui. Hindari untuk menceritakan segala hal yang menyangkut urusan pribadi diri Anda kepada rekan kerja yang bermuka dua. Ada kemungkinan bahwa dia akan ikut mencampuri dan membeberkan masalah pribadi Anda kepada rekan kerja lainnya. Jika berbicara dengan si muka dua usahakan tetap dalam konteks profesional. Alihkan topik pembicaraan jika dia ingin mencoba menggali informasi terkait hal pribadi.

Tetap Fokus dengan Pekerjaan

Kebiasaan lain dari karyawan bermuka dua adalah senang menjilat kepada atasan dan rekan kerja lain untuk memberikan pencitraan yang baik terhadap dirinya. Daripada menghiraukan hal tersebut, Anda sebaiknya tetap fokus untuk memberikan hasil pekerjaan yang terbaik. Memperlihatkan kemampuan dan keahlian Anda di depan rekan kerja bermuka dua, akan membuat dirinya segan dan sadar bahwa tidak cukup untuk menarik perhatian orang lain hanya dengan bermulut manis.

Bersikap Tegas

Jika perkataan maupun perbuatan yang ditunjukkan oleh rekan kerja bermuka dua dianggap sudah kelewatan, Anda bisa mencoba untuk menegurnya. Tidak perlu sungkan atau cemas bahwa hubungan Anda dengan dia akan menjadi renggang setelahnya karena pasti banyak karyawan lain yang juga mendukung Anda. Tentu saja bahasa yang Anda gunakan juga harus sopan agar tidak menyinggung perasaannya. Apabila dirinya masih tetap keras kepala, Anda dapat melaporkannya kepada atasan untuk tindakan lebih lanjut.

Itulah 4 tips dan trik yang bisa Anda terapkan ketika berhadapan dengan rekan kerja bermuka dua di kantor. Bekerja dengan orang yang bermuka dua memang tidak gampang. Selain rasa kesal dan frustasi, Anda juga sulit untuk bekerja dengan atmosfer yang positif. Yang paling penting adalah Anda tetap bekerja dengan serius dan tidak ikut terpengaruh sisi negatif dari si muka dua.