5 Alasan Melanjutkan S2 yang Membuatmu Tak Perlu Ragu Melakukannya

Pendidikan Strata 1 (S1) kerap dianggap sebagai keharusan karena menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja. Namun, tidak demikian halnya dengan pendidikan S2. Banyak orang tidak menemukan alasan melanjutkan S2 sehingga memilih untuk langsung bekerja atau berbisnis setelah menamatkan S1.

Kendati demikian, beberapa kondisi ini bisa menjadi alasan melanjutkan S2 yang sangat menguntungkan bagi kariermu:

Bercita-cita Menjadi Dosen

Cita-cita menjadi dosen memang merupakan prospek yang baik untuk masa depan. Masa pensiun dosen juga relatif lebih lama dibandingkan karyawan kantoran, yaitu berkisar antara 65 hingga 70 tahun. Itulah sebabnya profesi dosen dapat menjadi pilihan tepat bila kamu punya passion di bidang mengajar.

Pendapatan dosen juga terbilang lebih menjanjikan dibandingkan guru. Itulah sebabnya keinginan untuk menjadi dosen adalah salah satu alasan melanjutkan S2 yang sangat rasional.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Waktu untuk Kuliah S2 Sambil Bekerja?

Siap Mengambil S2 yang Sejalan dengan Bidang Pekerjaan

Alasan melanjutkan S2 berikutnya yang patut dipertimbangkan adalah passion di dunia kerja. Misalnya, jika kamu sedang bekerja di bidang manajemen dan merasa sangat enjoy, maka tak ada salahnya bila kamu menyelesaikan pendidikan S2 di bidang manajemen.

Dengan demikian, wawasan kamu seputar bidang pekerjaan tersebut akan bertambah. Menamatkan S2 juga membuka peluang besar bagi kamu untuk mencapai jenjang karier yang lebih cemerlang di masa depan.

Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Tak semua orang memiliki kesempatan emas untuk memperoleh beasiswa ke luar negeri. Apalagi bila beasiswa tersebut termasuk uang saku dan sejumlah fasilitas lainnya. Oleh sebab itu, beasiswa ke luar negeri bisa menjadi salah satu alasan melanjutkan S2 yang tak boleh dilewatkan.

Nanti, kamu bisa menjalani pekerjaan part time untuk mengisi waktu senggang selama melanjutkan kuliah di luar negeri.

Memperoleh Kesempatan S2 dari Perusahaan

Sama seperti kesempatan beasiswa keluar negeri, saat ini juga tak banyak perusahaan yang bersedia memfasilitasi karyawannya untuk melanjutkan S2. Jika kamu mendapatkan kesempatan tersebut, berarti kamu dianggap kompeten dan sangat dperhitungkan di perusahaan.

Alasan melanjutkan S2 yang satu ini juga membuat kamu tak perlu repot merogoh kocek pribadi demi mendapatkan gelar S2.

Memiliki Waktu Senggang dan Persiapan Finansial Memadai

Jangan sia-siakan waktu senggang yang dimiliki untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Kalau kamu punya waktu senggang dan persiapan finansial memadai, tak ada salahnya bila kamu melanjutkan S2. Alasan melanjutkan S2 yang satu ini akan membuat pengetahuan dan jalinan relasi bertambah. Sebab kamu berkesempatan mengenal teman-teman baru dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda.

Jadi, alasan melanjutkan S2 manakah yang paling sesuai dengan kondisi kamu saat ini?

Mari bersiap melanjutkan S2 demi mengembangkan potensi diri sendiri dan masa depan yang lebih cerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here