5 Contoh Kata Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Lolos Seleksi HRD

Kata Pembuka Surat Lamaran Kerja

Satu atau dua kata pembuka surat lamaran kerja Anda mempunyai peranan penting dalam proses melamar pekerjaan. Seorang HRD tentunya harus membaca puluhan atau bahkan ratusan cover letter yang datang setiap kurun waktu tertentu. Jadi, pastikan kata pembuka surat lamaran kerja Anda tampil lebih memukau agar membuat HRD mau membaca isinya secara mendetail.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kata pembuka surat lamaran kerja yang baik beserta contoh-contohnya.

Perhatikan Hal-hal ini saat Membuat Kata Pembuka Surat Lamaran Kerja

1. Singkat dan Jelas

Saat membuat kata pembuka surat lamaran kerja, cantumkan informasi yang membuat HRD tahu posisi apa yang sedang Anda incar.

2. Sebutkan Kerabat yang Merekomendasikan Anda

Jika Anda direkomendasikan oleh seseorang yang merupakan karyawan perusahaan tersebut, jangan lupa untuk menyebutkan nama kenalan Anda tersebut.

3. Tunjukkan Prestasi Anda

Cobalah untuk mengemukakan prestasi Anda pada pekerjaan sebelumnya. Jika memungkinkan, tunjukkan bagaimana Anda menjadi nilai tambah pada perusahaan tempat Anda bekerja dulu. Anda juga bisa menyebutkan posisi jabatan Anda jika itu sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar sekarang.

4. Kemukakan Rasa Ketertarikan Anda

Kemukakan ketertarikan Anda terhadap posisi yang Anda lamar, juga minat Anda terhadap perusahaan tersebut.

Persiapan Membuat Surat Lamaran Kerja Anda

Persiapkan surat lamaran kerjaSaat Anda tak yakin bagaimana cara membuat kata pembuka surat lamaran kerja yang baik, Anda bisa menggunakan contoh-contoh yang ada di bawah ini. Namun, pastikan Anda telah menyesuaikan isinya dengan keadaan dan informasi Anda sendiri.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Via Pos dan Email

Contoh-contoh Kata Pembuka Surat Lamaran Kerja yang Menarik

  1. Sebagai seorang profesional di bidang IT dengan latar belakang di tingkat manajemen tinggi, saya menyadari bahwa cara terbaik meraih kesuksesan adalah dengan memotivasi bawahan saya melalui goal yang jelas dan membekali mereka dengan ilmu.
  2. Saya sangat tertarik dengan posisi entry-level yang sedang dibuka di PT ABC Investment saat ini. Saya baru saja lulus dari Universitas Indonesia. Saya percaya mata kuliah yang saya ambil di bidang investasi, bisnis dan keuangan telah membekali saya dengan fondasi yang kuat untuk membangun karier saya di bidang ini.
  3. Saya membuat surat lamaran kerja ini untuk menunjukkan minat saya yang kuat terhadap posisi Marketing yang sedang dibuka di PT Abadi Jaya. Kolega saya, Agus Rahmat, merekomendasikan saya untuk menghubungi Anda secara langsung mengenai lowongan ini mengingat saya telah berpengalaman di bidang yang sama sebelumnya.
  4. Surat lamaran kerja ini saya buat karena besarnya minat saya terhadap posisi Editor di PT Kompas Gramedia. Mengingat pengalaman saya 5 tahun di bidang editorial sebelumnya, saya harap Anda bisa mempertimbangkan lamaran kerja saya ini.
  5. Keberhasilan saya dalam melakukan analisis kompleks di berbagai perusahaan, menempatkan saya menjadi kandidat yang ideal untuk mengisi posisi Analis yang sedang perusahaan Anda buka.

Baca Juga: 5 Contoh Kata Penutup Surat Lamaran Kerja yang Membuat HRD Terkesan

Beri komentar Anda tentang artikel ini