5 Ide Bisnis Sampingan Saat WFH untuk Menambah Pemasukan

Kondisi perekonomian di tanah air tengah mengalami gejolak akibat pandemi virus corona atau Covid-19. Tak sedikit karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), meskipun ada pula yang masih bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH). Kalau kamu sedang berada dalam fase bekerja dari rumah, tak ada salahnya menjajal bisnis sampingan saat WFH.

Selain menambah pemasukan, bisnis sampingan saat WFH juga membuat kamu tak terlalu bosan dengan suasana rumah. Yuk intip dulu inspirasi bisnis sampingan berikut ini sebelum memilih salah satu di antaranya:

Catering Makanan Sehat

Aktivitas WFH tak selalu membuat orang-orang jadi rajin memasak. Berada di rumah justru membuat pekerjaan semakin menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Itulah sebabnya, catering makanan sehat bisa menjadi salah satu ide bisnis sampingan saat WFH.

Mulailah dengan memberikan tester kepada orang-orang terdekat, misalnya tetangga dan sahabat. Cita rasa makanan yang lezat dan sehat dengan harga bersahabat pasti membuat banyak orang tertarik berlangganan.

Baca Juga: Mengelola Stok Barang Tak Bikin Pusing Jika Anda Sudah Tahu Triknya

Jamu dan Minuman Herbal Lainnya

Konsumsi jamu juga meningkat akhir-akhir ini karena jamu adalah ramuan herbal yang efektif menjaga daya tahan tubuh. Jika kamu pandai membuat jamu dan jenis minuman herbal lainnya, manfaatkan keahlian tersebut sebagai bisnis sampingan saat WFH.

Jamu dan minuman herbal yang dikemas secara menarik dan higienis pasti diminati banyak orang. Salah satu jenis minuman herbal yang kini paling diminati adalah empon-empon.

Jasa Desain Grafis

Kemampuan desain yang mumpuni tak boleh dibiarkan begitu saja, apalagi jika kamu punya banyak waktu senggang saat WFH. Manfaatkan kemampuan tersebut untuk merintis bisnis sampingan saat WFH. Kamu bisa memulai jasa desain dengan menawarkannya melalui media sosial.

Buatlah branding yang baru dan unik supaya bisa lekas mendapatkan pelanggan setia. Saat ini, banyak bisnis jasa desain grafis yang bisa dikerjakan secara remote dengan target klien dari dalam dan luar negeri.

Bisnis Frozen Food

Aktivitas WFH yang dilakukan banyak orang membuat kebutuhan bahan makanan semakin meningkat. Oleh sebab itu, bisnis frozen food adalah salah satu solusi tepat untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Bisnis sampingan saat WFH ini tidak sulit karena kamu hanya perlu menyiapkan freezer dan persediaan frozen food yang beragam.

Usahakan untuk menyiapkan berbagai jenis frozen food, mulai dari frozen vegetable dan lauk seperti nugget dan sosis hingga camilan seperti donat, siomay, dan bakpao.

Budi Daya Hewan Ternak

Waktu luang selama WFH juga dapat dimanfaakan untuk mengembangkan hobi memelihara hewan. Cobalah menjalani budi daya hewan ternak yang menguntungkan, misalnya ayam, ikan lele, burung puyuh, atau bebek. Bisnis sampingan saat WFH ini tak hanya berpotensi menghasilkan keuntungan karena hasil budi dayanya juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Jadi, bisnis sampingan manakah yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu?

Yuk, jalankan bisnis di sela-sela rutinitas WFH agar potensinya lekas berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here