Mengenal 5 Jenis Jam Kerja Shift, Jam Kerjamu yang Mana?

1 jam kerja shift
Sumber: Fit for Work

Waktu kerja tak selalu identik dengan aktivitas dari pagi hingga sore hari. Banyak orang yang menjalani jam kerja shift di luar waktu tersebut, misalnya, dari malam hingga pagi hari. Perbedaan jam kerja tersebut biasanya terjadi pada bidang pekerjaan atau bisnis yang harus dijalankan selama 24 jam penuh.

Mau tahu lebih banyak tentang jenis jam kerja shift berdasarkan pembagian waktunya? Inilah ulasan selengkapnya!

Shift Pagi

Jam kerja shift yang satu ini dimulai dari pagi hingga sore hari. Pada umumnya, orang-orang yang berprofesi sebagai karyawan kantoran harus bekerja sejak pukul 08.00-17.00. Namun, ada pula yang jam kerjanya berkisar antara 07.00-16.00 dan 06.00-15.00. Jika kamu bekerja pada jam tersebut, kamu tentu harus rutin bangun pagi setiap hari.

Shift Siang

Biasanya jam kerja shift siang terdapat pada pekerjaan 24 jam yang dibagi menjadi tiga shift. Shift siang mewajibkan karyawan bekerja sejak pukul 12.00-21.00 atau 13.00-22.00. Shift siang memberikan keleluasaan bagi kamu untuk bangun lebih siang sebelum memulai aktivitas kerja.

Baca Juga: Deretan Manfaat Shift Malam Ini Pasti Membuat Anda Lebih Semangat Kerja

Shift Malam

Pada umumnya shift malam didominasi oleh para pekerja pria. Jam kerja shift malam berkisar pada jam 22.00-07.00. Jam kerja ini tentu menguras fokus dan tenaga sehingga membuat kamu harus ekstra hati-hati. Terutama jika kamu bertugas sebagai operator alat-alat berat atau harus melakukan pekerjaan dengan risiko kecelakaan cukup tinggi.

Shift Tetap

Jenis jam kerja yang satu ini membuat para karyawan melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Misalnya, karyawan yang bekerja di shift pagi selalu bekerja di pagi hari tanpa pergantian shift. Demikian pula dengan karyawan yang bekerja pada shift siang dan shift malam.

Rutinitas ini bisa menyebabkan perubahan jam biologis pada tubuh seseorang. Misalnya, orang yang bekerja di shift malam terbiasa tidur padi pagi hari dan bangun di sore hari.

Shift Bergilir

Karyawan yang bekerja dengan shift bergilir akan mendapatkan waktu kerja berbeda dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, karyawan tersebut masuk kerja pada shift pagi selama bulan ini dan bergiliran mendapatkan shift malam di bulan berikutnya.

Ada pula sistem kerja shift yang berganti setiap beberapa hari sekali. Contohnya, kamu masuk kerja pada shift siang selama dua hari, lalu mendapatkan giliran shift malam pada dua hari berikutnya.

Apa pun shift kerja yang harus kamu jalani, pastikan kalau tubuhmu senantiasa sehat dan semangat kerja selalu prima. Jangan sampai jam kerja shift malah membuat kamu mudah sakit hingga produktivitas menurun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here