5 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Apakah Jurusan Kuliahmu Juga?

Bekerja adalah salah satu cita-cita semua orang setelah lulus kuliah. Meskipun ada pilihan lain berupa merintis bisnis sendiri, tetap saja bekerja menjadi pilihan mayoritas orang yang ingin mengumpulkan pengalaman terlebih dahulu. Itulah sebabnya, generasi muda kini rajin mencari informasi tentang jurusan yang banyak peluang kerja.

Mencari jurusan kuliah yang potensial untuk masa depanmu sebenarnya tidak sulit. Beberapa jurusan yang menghasilkan banyak peluang kerja ini bisa menjadi referensi yang tepat karena cakupan bidang kariernya sangat luas:

Teknik Industri

Jurusan yang satu ini memang diminati banyak generasi muda penyuka tantangan. Teknik Industri termasuk jurusan yang mempelajari berbagai bidang, mulai dari ekonomi, bisnis, logistik, hingga manufaktur. Tak mengherankan jika teknik industri termasuk jurusan yang banyak peluang kerja.

Kamu berkesempatan menekuni berbagai jenis bidang karier jika menjadi lulusan dari jurusan ini. Hingga saat ini, tak sedikit lulusan teknik industri yang menjadi ahli di sektor manufaktur atau punya karier cemerlang di bidang perbankan.

Baca Juga: Mungkinkah Sukses Bekerja Bila Tidak Sesuai Jurusan Kuliah?

Ilmu Komunikasi

Kalau kamu punya passion di bidang komunikasi dan gemar bertemu dengan banyak orang baru, jurusan ilmu komunikasi pasti cocok untukmu. Selain sesuai dengan passion, ilmu komunikasi juga merupakan jurusan yang banyak peluang kerja.

Setelah lulus, kamu bisa berkecimpung di bidang Public Relation (PR), broadcasting, sales marketing, dan berbagai bidang potensial lainnya. Namun, jangan lupa mempelajari ilmu komunikasi setiap saat karena selalu ada hal-hal baru yang muncul seiring dengan perkembangan zaman.

Teknik Informatika

Teknik Informatika biasanya lebih dikenal dengan istilah Information Technology (IT). Perkembangan teknologi yang pesat membuat teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang banyak peluang kerja. Sekarang, semua sistem bisnis mengandalkan teknologi untuk mempermudah kegiatan.

Hal inilah yang membuat lulusan teknik informatika senantiasa punya peluang karier yang cemerlang. Kamu harus proaktif mempelajari perkembangan teknologi agar tak kalah saing dengan para kompetitor atau senior.

Sastra Inggris

Ada kabar gembira untukmu yang menyukai bahasa Inggris. Sastra Inggris juga termasuk jurusan yang banyak peluang kerja. Kamu dapat bekerja sebagai penerjemah, dosen, jurnalis, dan berbagai profesi lainnya.

Tak hanya itu saja, ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah juga memperbesar peluang untuk memperoleh beasiswa ke luar negeri atau pekerjaan di perusahaan level internasional.

Ekonomi

Satu lagi yang termasuk jurusan yang banyak peluang kerja adalah jurusan ekonomi. Seseorang yang kuliah di jurusan ini bukan hanya berpeluang menjadi akuntan. Ilmu ekonomi juga digunakan di segala bidang kerja, sektor bisnis, dan urusan perpajakan. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan sulit mendapatkan pekerjaan jika kuliah di jurusan ini.

Di antara kelima jurusan kuliah tersebut, manakah yang jadi pilihanmu?

Bila kamu belajar dengan sungguh-sungguh, niscaya peluang mendapatkan pekerjaan bonafide akan terbuka lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here