Yuk, Lakukan 5 Kebiasaan agar Panjang Umur Berikut Ini!

Kebanyakan orang yang hidup di negara berkembang memiliki ekspektasi untuk hidup hingga usia 60 tahun atau lebih. Sebuah studi dari The Lancet Journal melaporkan jika 1 persen orang Amerika terkaya bisa panjang umur hinga 10-15 tahun daripada 1 persen golongan termiskin.

Masalah kesehatan menjadi salah satu fokus yang disoroti ketika berbicara tentang angka harapan hidup sebuah negara. Jadi, memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi dengan kondisi kesehatan yang baik.

Apalagi jika berbicara terkait bagaimana manusia-manusia di masa depan bisa menyesuaikan kebiasaan-kebiasaan yang memengaruhi kondisi kesehatan yang bisa jadi lebih kompleks.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan agar panjang umur yang bisa kamu lakukan:

Tinggalkan Rokok dan Alkohol

Berdasarkan American Cancer Society, angka harapan hidup seorang perokok 10 tahun lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Selain itu, berhenti merokok sebelum usia 40 tahun juga bisa menurunkan risiko kematian karena penyakit yang berkaitan dengan gangguan akibat rokok sebesar 90 persen. Selain rokok, alkohol juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Jadi, segera hentikan dua kebiasaan ini agar kamu panjang umur.

Tidur Cukup yang Berkualitas

Masyarakat modern memiliki lebih banyak kesibukan yang akhirnya memengaruhi pola tidur dan kualitas tidur. Selain itu kesadaran akan pentingnya tidur nyenyak yang berkualitas juga masih kurang, sehingga kebiasaan begadang dan mengabaikan masalah insomnia menjadi fenomena wajar yang terjadi di masa sekarang ini.

Baca Juga: 5 Penyebab Susah Tidur yang Tanpa Sadar Sering Kamu Lakukan

Padahal mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah kebiasaan agar panjang umur. Jika kamu membiasakan diri melewatkan waktu tidur, dan ini berlangsung sepanjang waktu maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Makanan bergizi tidak selalu harus mahal, justru makanan yang lebih alami dianggap lebih sehat dibandingkan makanan yang terlalu banyak melalui proses pengolahan. Misalnya angka harapan hidup masyarakat cukup tinggi tinggal di Kosta Rika, Yunani dan Jepang.

Kesamaan dari ketiga tempat tersebut adalah masyarakatnya mengonsumsi banyak makanan yang minim pengolahan seperti buah, sayur, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan segar.

Namun bukan berarti kamu harus mengonsumsi makanan jenis ini secara berlebihan. Secara umum, pastikan kamu mengonsumsi sebagian besar makan segar, dan dalam jumlah sedang makanan olahan juga daging merah.

Rutin Berolahraga

Jika kamu ingin hidup lebih lama, mulailah jadikan olahraga sebagai kebiasaan agar panjang umur. Olahraga dapat menangkal penyakit, meningkatkan kesehatan mental, dan meningkatkan kebugaran fisik.

Seperti yang banyak dibahas di berbagai artikel kesehatan jika olahraga mampu meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, menyeimbangkan kadar gula darah, menjaga kebugaran tubuh, dan kesehatan mental.

Memelihara Hubungan yang Baik

Menurut psikolog Amy Sullivan, kesepian membuat kadar kortisol di tubuh naik. Kortisol terkait dengan peningkatan risiko peradangan, penyakit jantung, masalah kardiovaskular, dan bahkan penyakit mental. Memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, keluarga, teman atau kenalan menjadi salah satu cara untuk memerangi rasa kesepian.

Semakin kamu terhubung dengan orang lain maka rasa kesepian akan semakin menurun dan ini membuat hidup seseorang menjadi lebih lama dibandingkan mereka yang memiliki hubungan buruk atau merasa kesepian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here