5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang cantik dan sehat adalah dambaan semua orang, baik pria maupun wanita. Berbagai cara dilakukan mulai dari perawatan ke salon, hingga membeli obat-obat yang mahal. Namun ternyata masih ada faktor lain yang bisa merusak kesehatan kulit, yaitu kebiasaan buruk yang dilakukan terus-menerus.

Meskipun kamu melakukan berbagai macam perawatan, jika kebiasaan buruk masih sering dilakukan maka ini hanya akan sia-sia saja. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan kulit.

Membiarkan Tubuh Dehidrasi

Menghidrasi tubuh adalah kunci kesehatan yang paling dasar bagi manusia. Sebab air dibutuhkan untuk melakukan semua aktivitas di dalam tubuh misalnya mengangkut nutrisi ke tempat-tempat tertentu, atau membuang racun yang tidak diserap tubuh.

Saat kamu dehidrasi maka fungsi-fungsi penting dalam tubuh tidak berjalan secara optimal, ini juga memengaruhi kelembaban dan kesehatan kulit.

Mengonsumsi Gula Berlebih akan Merusak Kesehatan Kulit

Sebuah studi pada tahun 2013 mengamati hubungan antara gula darah dan penuaan. Peserta yang dites dengan kadar gula darah yang lebih tinggi memang dinilai lebih tua. Meskipun begitu bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali, tapi pahami seberapa banyak batas untuk mengonsumi gula.

Hal ini diperlukan agar kamu bisa mulai mengontrol jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi demi membatasi asupan gula yang bisa memengaruhi kualitas kulit.

Baca Juga: Mengencangkan Kulit, Ini 3 DIY Lulur dan Scrub Wajah dari Kopi

Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Alkohol

Mengapa ada alkohol dalam produk perawatan kulit? Alkohol digunakan untuk membantu bahan-bahan dicampur untuk membentuk produk jadi, bertindak sebagai pengawet, dan untuk sementara mengecilkan pori-pori.

Namun sayangnya penggunaan alkohol dalam produk kecantikan ini bisa merusak kesehatan kulit. Beberapa alkohol yang digunakan dalam perawatan kulit bisa mengakibatkan kulit kering, iritasi. Biasanya alkohol yang digunakan mengandung zat aditif yang berasal dari minyak bumi yang pasti tidak dibutuhkan kulit wajah.

Tidak Melakukan Pengelupasan Sel-sel Kulit

Ketika usia kamu semakin tua, tingkat pergantian sel akan menurun. Melakukan scrub pada kulit akan membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.

Selain itu, ketika kamu menggunakan produk anti-penuaan yang kuat, kamu ingin memastikan kulit menyerapnya dengan baik. Pengelupasan kulit atau exfoliating ini tidak boleh disepelekan karena kenyataanya ini sangat penting untuk regenerasi kulit.

Tidak Membersihkan Riasan Wajah

Kebiasaan yang bisa mengancam kesehatan kulit adalah ketika kamu sudah terbiasa membiarkan riasan wajah tetap awet semalaman. Bahan-bahan kimia yang ada di dalam produk kecantikan yang digunakan akan menempel di wajah dan memberikan dampak yang buruk.

Jadi, seberapa lelah tubuh yang kamu rasakan setelah aktivitas seharian, pastikanlah kamu mencuci wajah hingga bersih sebelum pergi tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here