5 Kebiasaan Sehat Dasar yang Sudah Dipahami, Tapi Belum Dilakukan

Membiasakan diri untuk hidup sehat memang tidak selalu mudah, terutama jika kamu termasuk orang yang sibuk. Bahkan beberapa kebiasaan sehat dasar yang sudah dipahami belum tentu kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Alasan terkait sulitnya menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan di rumah seringkali menjadi hal yang membuatmu tidak bisa melakukan kebiasaan tersebut. Padahal secara umum, kebiasaan tersebut cukup sederhana dan tidak sulit jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Berikut ini beberapa kebiasaan sehat dasar yang mungkin sudah lama kamu pahami tapi belum juga dilakukan:

Makan Sehat

Makan adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa diabaikan. Jika berbicara soal aturan makan yang sehat, maka setiap orang mungkin sudah memahami teori tersebut. Namun sayangnya semua teori tersebut tidak bisa dengan mudah diaplikasikan karena berbagai faktor.

Padahal jika menyinggung soal kebiasaan sehat, tentu saja membiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi menjadi salah satu hal paling dasar yang harusnya sudah dilakukan.

Olahraga

Sama halnya seperti poin pertama, semua orang sudah mengetahui manfaat dari melakukan olahraga yang rutin. Bahkan setiap jenis olahraga sendiri memiliki manfaat yang lebih spesifik yang bisa sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan bentuk badan.

Secara teori, manfaat olahraga sudah sangat dimengerti, tapi karena alasan kesibukan dan rasa malas akhirnya olahraga masih menjadi hal yang tidak semua orang melakukannya.

Baca Juga: Beauty Hack Setelah Olahraga Ini Penting untuk Dilakukan Ya, Ladies

Tidur Teratur

Seseorang yang memiliki jadwal tidur yang berantakan di malam hari memiliki angka harapan hidup yang lebih pendek. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan tentang hal tersebut dan ini membuktikan jika tidur malam memang hal yang sangat penting dan tidak bisa dilewatkan.

Aturan tidur teratur juga secara umum sudah dimengerti, hanya saja beberapa orang masih sulit untuk meninggalkan diri dari kebiasaan begadang.

Relaksasi

Memaksakan diri untuk tetap bekerja terus menerus bisa menyebabkan stres berlebih dan kondisi burnout yang parah. Memberikan sedikit kesempatan bagi dirimu untuk bersantai dan menenangkan pikiran bukanlah suatu hal yang salah.

Kamu sebaiknya menemukan aktivitas santai yang cocok untuk memanjakan diri misalnya meditasi, merawat tanaman, berendam atau hanya menonton film di sofa dengan nyaman.

Kebersamaan Keluarga

Work-life balance bukan hanya berbicara tentang bagaimana kamu menyeimbangkan antara waktu kerja dengan kehidupan pribadi saja. Namun bagaimana kamu memanfaatkan waktu untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga dan meninggalkan peranmu sebagai seorang karyawan kantoran.

Jika kamu bisa mencapai keseimbangan ini, maka kamu sudah berhasil menerapkan kebiasaan sehat dasar yang terkait dengan porsi kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here