Kerap Dianggap Remeh, Justru Ini 5 Kelebihan Bekerja Freelance

Meski zaman semakin maju, bekerja sebagai freelancer kadang masih dianggap sebelah mata. Beragam komentar negatif biasanya muncul, mulai dari dikira pemalas, tidak suka pada aturan, hingga terlalu santai layaknya pengangguran. Padahal, banyak juga loh kelebihan bekerja freelance.

Wajar sih ada orang menyangsikan masa depan seorang freelancer. Bagaimana pun juga, pendapatan seorang freelancer tentu tidak tetap setiap bulannya dan pastinya butuh keuletan tersendiri dalam menjalani profesi ini.

Namun, bukan berarti bekerja freelance bisa dianggap remeh dong. Berikut ini beberapa kelebihan bekerja freelance yang jarang orang tahu.

Menjadi Tuan atas Diri Sendiri

Seorang freelancer memiliki skill yang tidak semua orang miliki, yaitu mengatur waktu. Apalagi kalau freelancer tersebut memiliki beberapa klien. Dia pasti sangat jago mengatur waktu dalam setiap pekerjaannya, bahkan bisa lebih terampil daripada orang kantoran loh.

Salah satu kelebihan bekerja freelance adalah menjadi tuan atas diri sendiri. Seorang freelancer bebas untuk bisa menerima atau menolak suatu pekerjaan. Uniknya, semakin tinggi jam terbang seorang freelancer, semakin tinggi pula rasa tanggung jawab yang dia miliki.

Memiliki Waktu untuk Keluarga Menjadi Kelebihan Bekerja Freelance

Semua orang tentu paham kalau waktu bekerja seorang freelancer lebih bebas daripada orang kantoran. Dia bebas akan memulai dan mengakhiri bekerja jam berapa. Bahkan, dia juga bisa lebih leluasa untuk mengadakan pertemuan dengan klien tanpa harus terpatok jam-jam tertentu.

Baca Juga: Bekerja Freelance Katanya Bikin Galau, Ini Solusinya

Dengan waktu yang bisa diatur sendiri, tidak heran kalau freelancer cenderung lebih bisa meluangkan waktu untuk keluarga. Dia bisa mengatur sibuk selama beberapa hari untuk kemudian meluangkan satu atau dua hari penuh bersama keluarga. Kuncinya adalah sanggup menyelesaikan tanggung jawab dan sengaja menyediakan waktu bersama keluarga.

Dapat Mengatur “Me Time” Sesuka Hati

Kalau pikiran sedang buntu, freelancer bebas rehat sejenak dari bekerja. Lebih baik sengaja mengambil waktu untuk “me time” daripada otak dipaksakan bekerja dan hasilnya tidak maksinal. Ambillah jeda kerja selama dua hari agar bisa lebih produktif di hari-hari berikutnya.

Ya, ini asyiknya jadi freelancer yang bisa ditentukan sendiri jam istirahat dengan menyesuaikan kondisi fisik dan pikiran. Jangan heran kalau pekerjaan seorang freelance juga tidak kalah dibandingkan orang kantoran. Pikiran dan jiwa yang sehat menjadi faktor kunci dalam bekerja.

Kelebihan Bekerja Freelance adalah Bebas Mengatur Penghasilan Sesuai Kemampuan

Selain lebih bebas dalam waktu bekerja, freelancer juga memiliki kebebasan untuk menentukan penghasilan yang dia miliki. Dia tidak harus mengerjakan tawaran pekerjaan yang masuk asalkan total penghasilan yang dia terima sudah memenuhi target. Dari sini seorang freelancer dapat belajar untuk mengukur kemampuan diri tanpa terlalu berambisi dalam mengeruk pundi-pundi uang.

Kalau sudah bisa menjadi freelancer profesional, pendapatan yang akan dimiliki pun dapat meningkat. Jadi, skill freelancer yang menentukan berapa pendapatan yang bisa diraup dalam tiap bulan. Asyik juga kan!

Bekerja Lebih Fleksibel karena Bisa di Mana Saja

Kelebihan bekerja freelancer adalah bekerja tanpa terbatas ruang dan waktu. Seorang freelancer tidak harus bekerja di kantor, bahkan di kafe pun bisa bekerja. Selama ada koneksi internet dan laptop, bekerja di mana pun tidak masalah.

Fleksibilitas inilah yang menjadi nilai plus seorang freelancer. Bahkan, bekerja dari rumah pun tak masalah. Yang terpenting adalah disiplin diri dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Rasanya bekerja freelance sudah tidak bisa dianggap remeh lagi ya. Begitu banyak kelebihan bekerja freelance yang ada menunjukkan bahwa pekerjaan ini pun tidak bisa dianggap enteng. Kamu tertarik menjadi freelancer?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here