5 Keuntungan Merekrut Karyawan Introvert untuk Perusahaan

Karyawan yang melamar di perusahaanmu tentu memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda. Sebagian karyawan bertipe ekstrovert. Sedangkan sebagian yang lain bertipe introvert.

Karyawan ekstrovert mudah berinteraksi dengan rekan-rekan kerjanya. Namun, tidak demikian dengan karyawan introvert. Karena, salah satu sifat karyawan bertipe introvert, yaitu cenderung tertutup pada orang lain. Sifat ini sering mendatangkan masalah. Baik bagi perusahaan maupun karyawan yang bersangkutan.

Namun, bukan berarti merekrut karyawan introvert tidak mendatangkan keuntungan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kamu merekrut karyawan introvert:

Karyawan Kreatif dan Inovatif

Orang-orang introvert dikenal sebagai orang-orang yang kreatif dan inovatif. Hal ini mungkin disebabkan karena introvert tidak mudah terpengaruh dengan keadaan di sekelilingnya. Mereka juga seringkali melakukan introspeksi.

Di sisi lain, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk bisa bertahan dan berkembang. Kreativitas dan inovasi juga dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

Karyawan Introvert Minim Pengawasan

Karyawan introvert umumnya tidak membutuhkan supervisi atau pengawasan yang terlalu ketat. Mereka juga dapat bekerja secara independen. Hal ini tentu menguntungkan bagi atasan maupun perusahaan. Karena, perusahaan tidak perlu mengeluarkan sumber daya tambahan untuk melakukan tugas pengawasan.

Semakin banyak merekrut karyawan introvert untuk tim mu, semakin sedikit waktu, tenaga dan biaya yang perlu kamu keluarkan untuk melakukan pengawasan.

Baca Juga: Hindari Micromanaging, Mendelegasikan Pekerjaan Itu Diperlukan

Pendengar yang Baik

Karyawan introvert jarang terbuka pada orang lain. Tapi, mereka adalah pendengar yang baik. Kemampuan mendengar ini membuat mereka mampu mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Meski demikian, mereka jarang mencampuri urusan orang lain. Hal ini membuat karyawan introvert tidak mudah terlibat dalam politik kantor.

Oleh karenanya, kalau kamu ingin membuat suasana kerja lebih teduh dan lebih tenang, tidak ada salahnya untuk merekrut karyawan introvert.

Merekrut Karyawan Introvert agar Lebih Produktif

Karyawan introvert umumnya lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaannya. Hal ini karena mereka tidak mudah terpengaruh dengan keadaan di sekelilingnya. Karyawan introvert juga terorganisir dalam bekerja.

Selain itu, mereka juga selalu mempersiapkan diri dan segala sesuatunya sebelum memulai pekerjaan. Karena kebiasaan-kebiasaan itulah, karyawan introvert cenderung lebih produktif dalam bekerja. Hal ini tentu menguntungkan bagi perusahaan atau bisnis yang kamu miliki.

Menjaga Keseimbangan Tim

Sudah menjadi sifat karyawan introvert untuk menghindar dari perhatian orang banyak. Hal ini membuat karyawan introvert cenderung mampu mengendalikan ambisinya. Sementara, hal yang berbeda didapatkan dari karyawan ekstrovert. Oleh karenanya, kalau kamu ingin menghindari konflik atau ingin mendapatkan keseimbangan dalam tim, kamu bisa merekrut beberapa karyawan introvert untuk mengimbangi keberadaan karyawan yang lain.

Siapapun yang direkrut untuk perusahaan atau bisnis yang kamu miliki tentunya harus bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. Namun disisi lain, kamu tidak perlu ragu jika dihadapkan pada pilihan untuk merekrut karyawan introvert.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here