5 Kiat Penting Jika Anda Sering Buka Puasa di Jalan

Buka puasa di jalan sering kali tak bisa dihindari oleh para karyawan kantoran. Niatnya sih ingin cepat sampai di rumah agar bisa menunaikan ibadah salat bersama keluarga. Sayangnya, kondisi jalanan yang macet parah malah membuat Anda terpaksa berbuka puasa sebelum tiba di rumah.

Kalau Anda termasuk orang yang sering buka puasa di jalan, lima kiat ini tentu sangat penting bagi Anda.

Selalu Menyiapkan Air Minum

Jangan lupa menyiapkan air minum di tas Anda. Sehingga Anda tak perlu kerepotan mencari air minum bila waktu berbuka sudah tiba. Air putih adalah minuman pertama yang harus Anda konsumsi ketika berbuka puasa. Karena cairan tubuh yang hilang selama seharian harus segera digantikan supaya tidak mengganggu metabolisme tubuh.

Menyantap Buah-Buahan

Setelah minum air putih, Anda juga bisa menyantap buah selama masih berada di perjalanan. Buah kurma merupakan pilihan praktis karena ukurannya kecil dan mengandung banyak energi. Mengonsumsi tiga buah kurma sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi sebelum menyantap makanan berat.

Selain kurma, Anda juga bisa menyantap buah lain seperti pisang atau apel. Kandungan fruktosa dalam buah akan menjadi sumber energi alami yang membuat Anda lebih bertenaga sekaligus menstabilkan kadar gula dalam darah.

Menikmati Camilan dengan Porsi Kecil

Selain buah, Anda bisa menyantap camilan sehat lainnya seperti roti isi, biskuit gandum, kacang panggang, atau energy bar.  Camilan sehat dengan porsi kecil biasanya mengandung kalori serta jenis gizi lainnya. Sehingga Anda tak akan merasa lemas meskipun belum menyantap makanan utama dengan porsi besar.

Jangan Mengonsumsi Makanan atau Minuman Dingin

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman dingin saat buka puasa. Aneka jenis takjil atau minuman dingin yang dijajakan pedagang kaki lima memang menggiurkan. Namun, minuman dan makanan dingin bisa mengganggu sistem pencernaan setelah berpuasa seharian. Akibatnya, Anda jadi mudah kembung atau sakit perut usai menyantap makanan dan minuman dingin.

Kalau tidak menemukan makanan atau minuman hangat, usahakan untuk memilih makanan atau minuman dengan temperatur ruangan. Supaya sistem pencernaan Anda lebih mudah beradaptasi dengan asupan makanan dan minuman tersebut.

Buka puasa di jalan tak lagi jadi masalah besar kalau Anda sudah tahu cara menyiasatinya. Anda pun akan tetap sehat dan aktif meskipun disibukkan dengan rutinitas kerja sepanjang hari.

Beri komentar Anda tentang artikel ini