5 Kuliner Khas Medan yang Siap Memanjakan Lidah Para Wisatawan

Sumber : tokomesin

Setelah membahas kuliner dari tanah Solo yang menjadi tanah kelahiran putri Presiden Joko Widodo yakni Kahiyang Ayu, kini saatnya mengulas kuliner dari Medan yang merupakan tanah kelahiran sang suami yaitu Bobby Nasution. Ragam kuliner lezat siap menyambut para tamu atau wisatawan yang datang ke tanah Batak ini. Berikut ini beberapa daftar kuliner khas Medan lezat yang patut Anda coba jika berkunjung ke sana.

Kuliner Khas Medan yang Siap Menggoyang Lidah

1. Lontong Medan

Sumber : ilmci

Ketika Anda berkunjung ke kota Medan dan bangun pagi hari maka makanan yang harus Anda santap pertama kali adalah Lontong Medan. Banyak dari warga Medan juga menyajikan dan menyantap hidangan ini pada pagi hari. Hidangan ini berisi campuran lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, dan kuah sayur. Anda juga bisa menambahkan aneka lauk, seperti rendang atau telur balado yang akan menambah kenikmatan dari rasa yang tercipta. Anda tak perlu khawatir kesulitan untuk mencari makanan ini karena Lontong Medan dapat dengan mudah Anda temui di sepanjang jalan saat pagi menjelang.

Baca Juga : Lezatnya Menu Kuliner yang Tersembunyi di Daerah Kelapa Gading

2. Gulai Daun Ubi

Sumber : resep7

Jika tanah Jawa memiliki sayur daun singkong, maka tanah Batak memiliki Gulai Daun Ubi yang menjadi hidangan khasnya. Cara olah hidangan ini sama halnya dengan pembuatan gulai pada umumnya, yakni daun singkong segar ditumbuk, namun jangan dihancuran semua. Setelah itu, daun singkong yang telah ditumbuk dimasukkan ke dalam santan mendidih dan diberi bumbu. Yang membuat gulai daun ubi berbeda dari gulai lainnya ialah adanya rempah honje atau kecombrang. Warga Medan juga biasa menambahkan cepokak dan kincong yang memang banyak tumbuh di tanah Sumatera Utara.

3. Mie Gomak

Sumber : vemale

Mie Gomak ini sering disebut sebagai spaghetti-nya tanah Batak karena memiliki bentuk mie yang lebih besar daripada mie lainnya. Bertekstur kenyal serta ukuran mie yang panjang dari pasta, menjadikan Mie Gomak ini hidangan yang spesial di Medan. Terdapat rasa sedikit asin dan gurih yang tercipta dari kuah yang bersantan dan sedikit campuran kunyit. Mie Gomak sendiri mudah ditemui di Kota Siantar dari Kabupaten Toba Samosir hingga ke Kabupaten Tapanuli Utara, dan tak lupa juga di Pulau Samosir.

4. Bihun Bebek

Sumber : virginmojito

Kuliner khas Medan ini sama halnya dengan sup ayam pada umumnya dan yang membedakan hanyalah daging ayam yang diganti dengan daging bebek. Rasa kuah yang unik dan gurih juga menjadikan Bihun Bebek digemari para wisatawan yang datang ke Medan. Terdapat dua varian kuah yang bisa Anda pilih dalam menu ini, yaitu kuah kaldu atau kuah herbal yang masing-masing memiliki cita rasa yang unik jika Anda cicipi. Tekstur daging bebek yang lembut yang dipadukan dengan kuah hangat sepertinya sangat cocok disantap ketik hujan turun.

5. Soto Medan

Sumber : beritainfo

Soto Medan memiliki ciri khasnya sendiri yakni kuah santan yang kental berwarna kuning kehijauan yang membuatnya beda dari soto lain di tanah Jawa. Soto ini tak selalu berisikan sapi, melainkan Anda bisa memilih daging ayam atau bahkan udang untuk lauk utamanya. Selain itu, campuran lain yang membuat rasa soto ini semakin lezat yaitu perkedel kentang dan rempeyek udang.