5 Makanan Anti-Inflamasi yang Harus Dikonsumsi Lebih Banyak

Peradangan kronis adalah akar dari berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer. Diet yang kaya akan makanan anti-inflamasi adalah cara sederhana dan kuat untuk membantu tubuh tetap seimbang, tenang dan sehat.

Selain itu, sebagian besar makanan anti-inflamasi juga kaya akan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka, ini akan menjadi manfaat berganda yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memasukkan makanan ini ke dalam menu diet Anda. Berikut ini adalah jenis makanan yang memiliki anti-inflamasi dan harus dikonsumsi lebih banyak dari makanan.

Mulai Sekarang Ganti Menu Diet Anda dengan Makanan Anti-Inflamasi Berikut Ini!

Sayuran Hijau

5 Makanan Anti-Inflamasi Yang Harus Dikonsumsi Lebih Banyak
Sumber: Okezone Lifestyle

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai sayuran hijai, mulai sekarang harus mencoba menyukainya. Sebab sayur-sayuran berwarna hijau merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat alkali. Bukan hanya itu, sayuran hijau bisa mengoptimalkan fungsi tubuh pada tingkat sel dan menangkal peradangan yang terjadi.

Rempah-Rempah

5 Makanan Anti-Inflamasi yang Harus Dikonsumsi Lebih Banyak

Kunyit, jahe, kayu manis, bawang putih, cabe rawit, dan cengkeh hanyalah beberapa contoh rempah-rempah yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Bahan-bahan ini telah digunakan dalam praktik Pengobatan Timur selama berabad-abad. Menambahkan rempah-rempah tersebut ke dalam makanan Anda maka bisa memberikan manfaat luar biasa tehadap kesehatan tubuh.

Baca Juga : 6 Bahan Makanan Sehat dalam Salad yang Baik untuk Otak

Biji Rami

5 Makanan Anti-Inflamasi yang Harus Dikonsumsi Lebih Banyak

Biji rami mengandung beberapa manfaat anti-inflamasi terbaik seperti yang ditawarkan buah dan ikan. Penggunaan flaxseeds atau biji rami juga bisa disajikan ke dalam makanan yang dipanggang, smoothie, atau menambahkan 1 sendok makan biji rami  ke dalam 3 sendok air sebagai pengganti telur vegan yang sehat.

Biji Chia

5 Makanan Anti-Inflamasi yang Harus Dikonsumsi Lebih Banyak
Sumber : pixabay

Kaya akan lemak, serat dan protein yang sehat, biji chia ini dapat memberikan serangkaian manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya anti-inflamasi atau peradangan. Penggunaan biji chia hampir mirip dengan biji rami yaitu bisa dijadikan campuran bahan ke dalam jenis makanan sehat lainnya.

Buah Berry dan Delima

5 Makanan Anti-Inflamasi yang Harus Dikonsumsi Lebih Banyak

Makanan anti-inflamasi selanjutnya adalah berbagai macam buah berry seperti cranberry, raspberry, blackberry, dan buah delima. Buah-buah tersebut memiliki antioksidan dan anti-inflamasi yang disebut flavonoid. Buah tersebut bukan hanya mengurangi peradangan yang ada tapi juga mengondisikan sel agar lebih sehat  terhadap masalah peradangan di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here