Enak Sih, Tapi 5 Makanan Ini Termasuk Sarapan yang Tidak Sehat Lho

Penting tidaknya sarapan dipahami berbeda oleh setiap orang. Ada sebagian orang yang tak memedulikan asupan energi sebelum memulai hari. Ada juga yang sarapan tidak sehat karena tidak memerhatikan gizinya.

Sarapan yang tidak sehat dapat membuat tubuh merasa lesu, menyebabkan bertambahnya berat badan, dan meningkatkan risiko penyakit kronis. Ngeri ya! Jadi, Anda harus mulai memahami seperti apa sarapan yang tidak sehat. Ulasannya ada di bawah ini.

Sereal Sarapan

Banyak orang berpikir sereal adalah sarapan bergizi untuk anak-anak dan orang dewasa. Label pada kemasan sereal sering kali bertuliskan “mengandung biji-bijian” dan sumber nutrisi yang baik seperti vitamin A dan zat besi. Pada kenyataannya, sereal mengandung sedikit biji-bijian utuh, sementara nutrisi buatan ditambahkan, yang disebut fortifikasi.

Sereal sarapan pagi kebanyakan mengandung biji-bijian dan gula olahan (tidak utuh). Gula menjadi salah satu bahan yang terkadang cukup tinggi kadarnya. Ingat, asupantinggi gula dapat  meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Jus Buah Kemasan

Jus buah adalah pilihan terburuk untuk sarapan bila Anda ingin menghindari rasa lapar, penambahan berat badan, dan penyakit kronis. Beberapa jus buah di pasaran hanya sedikit mengandung sari buah asli, sebaliknya rasa manis diolah dari gula atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Minum jus buah menyebabkan gula darah Anda naik dengan cepat karena tidak ada lemak atau serat yang memperlambat penyerapan. Lonjakan insulin yang dihasilkan dan penurunan gula darah dapat membuat Anda merasa lelah, gemetar dan lapar.

Pancake dan Wafel

Dua sajian ini adalah pilihan populer untuk sarapan. Pancake dan wafel mengandung tepung, telur, gula, dan susu. Meskipun terkandung lebih banyak protein daripada beberapa item sarapan, tapi pancake dan wafel mengandung tinggi tepung olahan.

Baca Juga: 5 Alasan Menu Rendah Karbohidrat Cocok sebagai Sarapan Sehat

Penggunaan sirup pada pancake dan wafel juga biasanya mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, yang menyebabkan peradangan yang mendorong resistensi insulin. Efeknya bisa menyebabkan pradiabetes atau diabetes tipe 2.

Granola Batangan

Granola batangan mungkin terdengar seperti pilihan sarapan yang enak, tetapi seringkali tidak lebih baik daripada permen. Meskipun gandum yang tidak diproses mengandung serat tinggi, namun rata-rata granola bar hanya menyediakan 1-3 gram serat dan mengandung banyak gula tambahan.

Kandungan protein dari granola batangan juga cenderung rendah. Ini bukan pilihan sarapan yang baik ya!

Yogurt tanpa Lemak

Semangkuk yogurt Yunani murni yang diberi topping buah beri adalah contoh sarapan sehat. Namun, faktanya, banyak yogurt tanpa rasa yang mengandung justru mengandung lebih banyak gula daripada es krim. Jadi, masih mau sarapan dengan yogurt?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here