5 Masalah HRD yang Sering Dialami Pebisnis UKM

Pebisnis UKM seringkali mendapatkan masalah yang tidak kalah pelik dibandingkan perusahaan-perusahaan besar. Salah satunya adalah masalah yang terkait dengan human resource development atau HRD.

Di sisi lain, HRD seringkali menjadi bagian dari bisnis yang sering dilupakan. Bagi pemilik bisnis, sektor produksi, keuangan dan marketing seringkali lebih mendapatkan perhatian. Padahal, jika terjadi masalah HRD, kualitas produk/layanan yang diberikan akan ikut terdampak.

Apa saja sih masalah HRD yang sering dialami oleh pebisnis UKM atau pebisnis berskala kecil?

Mencari Karyawan yang Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Seperti diketahui, pencari kerja di Indonesia cukup banyak jumlahnya. Sayangnya, tidak banyak dari pencari kerja tersebut yang benar-benar memiliki kemampuan. Apalagi sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis yang dimiliki.

Minimnya jumlah kandidat karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tentu menimbulkan masalah HRD tersendiri bagi pemilik bisnis. Tidak jarang, ada ratusan pelamar yang memiliki kemampuan terbatas. Kalaupun ada, jumlah kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan bisa dihitung dengan jari.

Selain itu, karyawan yang dibutuhkan umumnya lebih memilih bisnis atau perusahaan berskala besar sebagai tempatnya bekerja.

Baca Juga: Tips Membatasi Jumlah Kandidat Karyawan Saat Proses Rekrutmen

Mempertahankan Karyawan

Mempertahankan karyawan merupakan tugas yang tidak kalah sulit dibandingkan dengan mencari karyawan. HRD harus memastikan karyawan bekerja di posisi yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadiannya. Situasi dan kondisi kerja juga harus nyaman.

Selain itu, untuk bisnis yang berskala besar, pemilik bisnis juga harus memikirkan jenjang karier. Jika hal-hal tersebut tidak terpenuhi, karyawan akan sangat mudah untuk mempertimbangkan kemungkinan resign. Kalau karyawan resign, maka hal tersebut akan mendatangkan masalah HRD baru bagi pemilik bisnis.

Masalah HRD dalam Meningkatkan Produktivitas

Mempertahankan dan meningkatkan produktivitas karyawan merupakan tantangan tersendiri bagi banyak perusahaan. Demikian juga bagi pemilik bisnis. Jika produktivitas menurun, maka kualitas produk/layanan yang didapatkan konsumen tentunya akan menurun.

Namun, meningkatkan produktivitas bukanlah persoalan mudah. Karena, hal ini terkait dengan banyak hal lain. Semisal, gaji, rasa memiliki perusahaan, kepuasan kerja dan kondisi kerja.

Pelatihan Karyawan

Semakin baik kemampuan karyawan maka produk/layanan yang diberikannya juga akan semakin baik. Namun, mengadakan pelatihan menjadi masalah tersendiri bagi pemilik bisnis. Salah satu alasannya adalah karyawan tidak mau meng-upgrade kemampuannya.

Sebab lainnya, pemilik bisnis belum memiliki kesadaran untuk meningkatkan kemampuan karyawannya. Tidak sedikit pula pemilik bisnis UKM yang tidak mengadakan pelatihan karena alasan bujet yang terbatas.

Masalah Gaji

Seperti juga situasi dan kondisi kerja, pemilik bisnis harus memastikan karyawan mendapatkan gaji yang sesuai dengan kemampuannya. Tapi hal itu tidak mudah untuk dilakukan lho. Salah satu alasannya adalah terbatasnya bujet gaji. Kemampuan karyawan yang minim juga bisa menyebabkan pemilik bisnis belum bisa memberikan gaji yang besar. Di sisi lain, karyawan menuntut gaji yang tinggi.

Nah, bagi yang ingin merintis bisnis, ada baiknya kamu mengantisipasi beberapa hal di atas. Sehingga masalah-masalah tersebut bisa kamu hindari. Bagi yang sedang menjalankan bisnis, tidak ada salahnya untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah HRD. Karena masalah-masalah tersebut juga bisa membuat bisnis yang kamu miliki sulit untuk berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here