Duh, Inilah 5 Penyebab Rambut Rontok yang Dialami Wanita

Rambut adalah mahkota wanita, begitulah kalimat pernyataan yang menjelaskan jika rambut benar-benar penting wanita. Namun sayangnya beberapa penyebab rambut rontok membuat para wanita khawatir menjadi botak.

Fakta menunjukkan jika hampir setiap wanita pernah mengalami fase rambut kesayangannya menjadi rapuh dan sangat rontok. Di balik kerontokan tersebut tentunya tersimpan alasan yang menjadi penyebab rambut-rambut menjadi rontok dan menipis.

Selain faktor usia, berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok pada wanita:

Mengalami Stres Berlebih Jadi Penyebab Rambut Rontok

Mungkin akan sangat mustahil jika ada seseorang yang tidak pernah merasakan stres dan frustasi. Sebab rasa stres yang dialami seseorang merupakan reaksi terhadap suatu kondisi tertentu. Hanya saja jika stres dan frustasi terjadi secara berlebihan maka akan benar-benar berbahaya.

Salah satu ancaman dari stres berlebihan adalah terjadinya kerontokan pada rambut. Kerontokan rambut jenis ini bersifat sementara dan berhenti begitu kamu mulai menguasai dirimu.

Namun, yang terbaik adalah kamu berusaha mengambil langkah-langkah untuk melawan stres. Kamu dapat melakukan lebih banyak latihan, berbicara dengan terapis, atau meminta dukungan dari orang-orang yang dapat kamu percayai.

Baca Juga: Mudah! Ini 5 Pelembap Alami Rumahan untuk Merawat Kulit dan Rambut

Kekurangan Gizi dan Nutrisi

Defisiensi gizi memainkan peran yang sangat penting dalam kerontokan rambut. Makan junk food, makanan olahan, atau diet rendah nutrisi lainnya akan menyebabkan tubuh menggunakan nutrisi kecil yang hadir untuk operasi penting, seperti jantung dan juga rambut.

Ketika rambut tidak menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan cukup kuat, kondisi ini menjadi penyebab rambut rontok. Mengubah kebiasaan makan dan mulai mengonsumsi makanan sehat yang tinggi akan nutrisi menjadi salah satu cara untuk menjaga kembali kekuatan rambut indahmu.

Penyebab Rambut Rontok karena Dihidrotestosteron (DHT)

Penyebab rambut rontok yang utama juga berkaitan dengan semakin bertambahnya lemak di sekitar perut dikarenakan peningkatan jumlah Dihidrotestosteron atau DHT. DHT diproduksi melalui konversi testosteron pada wanita dengan bantuan hormon yang disebut DHEA.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa jenis makanan yang dapat memerangi dan memblokir DHT. Kamu bisa mulai mengonsumsi teh hijau dan biji labu, serta melakukan konsultasi dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Waspadai Penurunan Berat Badan yang Berlebihan

Jika kamu mengalami penurunan berat badan yang signifikan, maka ini akan memengaruhi sistem tubuh termasuk reaksinya karena mengalami perubahan. Kenyataan tubuhmu telah mengalami perubahan yang dramatis seperti itu pasti akan membuat sistem stres.

Stres dan kekurangan nutrisi potensial, akan menyebabkan rambut rontok. Apa yang harus dilakukan? Kejutan akibat penurunan berat badan secara tiba-tiba akan menyebabkan rambut rontok selama sekitar enam bulan, setelah itu akan memperbaiki dirinya sendiri.

Penyebab Rambut Rontok Wanita karena Faktor Kehamilan

Kehamilan adalah campuran perubahan hormonal dan stres fisik yang dapat memengaruhi rambut. Meskipun tidak umum bagi wanita untuk kehilangan rambut mereka selama kehamilan, kasus yang paling umum terjadi setelah melahirkan.

Hal ini karena menjalani persalinan adalah pengalaman yang sangat menegangkan yang pasti akan memengaruhi kesehatan rambut. Jenis rambut rontok ini bukanlah sesuatu yang harus terlalu diperhatikan, karena rambut akan tumbuh kembali segera setelah tubuh pulih dari stres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here