5 Spot Cantik di Jepara yang Wajib Kamu Datangi Sebelum Menyeberang ke Karimun Jawa

spot cantik di jepara
Sumber: pantainesia

Keuntungan dari Kabupaten Jepara adalah letaknya yang berada di kawasan pesisir utara Jawa Tengah. Sudah pasti akan ada banyak pantai dan pulau-pulau di sekitarnya yang akan menajdi magnet wisata lokal. Kabupaten Jepara ini juga dijadikan akses pintu masuk menuju Kepulauan Karimun Jawa yang sudah terkenal karena keindahannya. Bahkan Kepulauan Karimun Jawa menjadi salah satu destinasi wisata populer untuk berbulan madu.

Tapi tentu saja sebelum menyeberang, kamu harus berada di Jepara terlebih dahulu. Jangan buru-buru untuk segera menyeberang ke Karimun Jawa, karena ternyata banyak spot cantik di Jepara untuk didatangi. Jepara juga terkenal sebagai kota kelahiran R.A Kartini sehingga datang ke Jepara tentu saja bukan hanya untuk menyeberang ke Karimun Jawa, tapi juga bisa menjadi tujuan wisata sendiri. Jika kamu masih ragu untuk mengeksplorasi Jepara, maka beberapa destinasi wisata berikut ini bisa jadi pemuas rasa penasaranmu.

1. Pantai Kartini

Sumber: pantainesia.com

Pantai Kartini sering dikunjungi wisatawan karena merupakan akses pelabuhan penyeberangan menuju Karimun Jawa. Tapi ternyata selain menjadi pelabuhan penyeberangan, Pantai Kartini juga punya keindahan yang layak untuk diperhitungkan. Pantai Kartini sudah dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dengan beberapa ikon unggulan seperti patung kura-kura raksasa yang sebenarnya adalah gedung yang berisi akuarium raksasa. Kamu bisa menjelajahi Pantai Kartini yang berjarak hanya 2,5 kilometer dari pusat kota Jepara.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Tasikmalaya yang Asyik Dikunjungi saat Liburan

2. Pantai Teluk Awur

Sumber: asiawisata.com

Memang Pantai Teluk Awur belum terlalu ramai dikunjungi, tapi lokasinya yang hanya 4 kilometer dari pusat kota Jepara sepertinya akan menggelitikmu untuk menyinggahinya. Jika kamu ingin datang ke pantai baru yang belum banyak pengunjungnya dan mudah diakses melalui kota Jepara, maka Pantai Teluk Awur adalah salah satu pilihannya.

3. Museum R.A Kartini

Sumber: ticjepara.com

Sebagai kota kelahiran pahlawan nasional pejuang emansipasi wanita, R.A Kartini, tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Kota Jepara. Untuk itulah pihak terkait membangun sebuah museum yang menyimpan berbagai barang-barang yang berkaitan dengan Kartini. Museum ini dibangun tahun 1975 dengan luas area 5.210 meter persegi. Uniknya, 3 bangunan utama jika dilihat dari atas akan membentuk huruf K, T, dan N yang merupakan inisial dari Kartini sendiri. Museum ini menjadi wadah untuk mengenang jasa Kartini dan juga menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang ditemukan di Kabupaten Jepara.

4. Pulau Panjang

Sumber: pegipegi.com

Sebuah pulau yang berada di perairan Jepara ini layak untuk dijadikan tempat wisata. Kamu tidak perlu menyeberang terlebih dahulu ke Karimun Jawa untuk mendapatkan pantai pasir putih dengan laut biru yang jernihnya karena Pulau Panjang ini sudah mewakilinya. Jika kamu harus menempuh perjalanan sekitar 6 jam untuk bisa sampai ke Karimun Jawa, maka kamu hanya perlu waktu 1 jam untuk bisa sampai ke Pulau Panjang ini dari Pantai Kartini. Di Pulau Panjang terdapat pantai pasir putih dan juga laut sekitarnya yang cukup dangkal, sehingga kamu bisa sangat nyaman untuk beraktivitas di lautnya seperti snorkeling atau pun bermain pasir. Uniknya di tengah pulau juga terdapat hutan tropis yang bisa kamu eksplorasi. Di Pulau ini juga terdapat sebuah makam yaitu makam Syekh Abu Bakar. Berpetualang ke pulau ini tentunya memberikan pengalaman tersendiri saat kamu berada di Jepara.

5. Benteng Portugis

Sumber: oknusantara.com

Benteng Portugis ini dibangun di atas sebuah bukit di dekat laut. Sebagai salah satu peninggalan bangsa Portugis di masa lalu, ternyata benteng ini tidak aktif digunakan karena mitos yang berkembang di masyarakat dan merugikan bangsa Portugis sendiri. Konon ada cerita tentang pusaran air yang sering muncul di selat antara benteng dan Pulau Mandalika. Pusaran air ini kabarnya sering menyedot tentara portugis dan hilang entah ke mana. Jika kamu penasaran dengan benteng ini, langsung saja beranjak sekitar 45 kilometer ke arah timur dari pusat kota Jepara, tepatnya di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo.

Jadi, dari 5 spot cantik di Jepara di atas, maa destinasi yang paling ingin kamu kunjungi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here