5 Surat Suara pada Pencoblosan Besok, Apa Saja Sih?

Ilustrasi surat suara Pemilu 2019
Ilustrasi surat suara Pemilu 2019. Paper vector created by freepik - www.freepik.com

Pencoblosan surat suara Pemilu 2019 akan berlangsung Rabu, 17 April 2019. Pemilu kali ini berbeda dengan pesta demokrasi sebelumnya.

Sebab, warga negara Indonesia yang memiliki hak suara akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD, sekaligus, dalam satu waktu.

Sekretariat Kabinet dalam akun Instagram-nya @sekretariat.kabinet menjelaskan kembali tentang 5 surat suara yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berikut penjelasannya:

1. Surat suara ABU-ABU untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Kertas ini berbentuk lembaran persegi panjang dan terdiri dari dua bagian, yaitu bagian dalam dan bagian luar.

Para pemilih akan melihat foto dua pasangan calon presiden dan wakil presiden beserta partai politik pengusungnya pada kertas tersebut.

Seperti yang diketahui, kedua pasangan peserta Pilpres itu adalah nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

2. Surat suara KUNING untuk memilih DPR RI.

Lembaran ini memuat daftar calon legislatif atau caleg yang memperebutkan kursi di DPR.

Setiap caleg akan berada di bawah nama partai politik tempatnya bernaung. Jangan kaget, ada 16 partai politik yang ikut Pileg 2019.

  1. Surat suara MERAH untuk memilih DPD RI

Setiap daerah akan diwakili oleh empat anggota DPD yang berkantor di Kompleks Gedung MPR/DPR. Oleh karena itu, tidak semua daerah akan sama surat suaranya, tergantung calon yang mengikuti pemilu.

Tapi jangan khawatir, surat ini akan menampilkan foto setiap calonnya.

4. Surat suara BIRU untuk memilih DPRD Provinsi

Surat ini memuat daftar calon legislatif di masing-masing provinsi. Akan terlihat 16 logo partai politik peserta Pemilu disertai dengan daftar calegnya di sini.

Khusus untuk Aceh, surat suara DPRD-nya akan diisi oleh 20 logo partai politik. Sebab, Aceh memiliki sistem otonomi khusus yang memiliki tambahan empat partai lokal.

5. Surat suara HIJAU untuk memilih DPRD Kab/kota

Di sini, Anda akan menemukan logo 16 partai politik peserta Pemilu dilengkapi daftar caleg yang berpartisipasi dari tiap parpol.

Untuk wilayah DKI Jakarta, dipastikan tidak akan menerima surat suara berwarna hijau. Hal itu lantaran DKI Jakarta tidak memiliki DPRD tingkat kabupaten/kota.

Jadi, jangan terkejut ketika membuka surat suara Anda besok ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here