Waspada! 5 Tanda Pemborosan yang Tanpa Sadar Anda Lakukan

Apakah Anda sering merasa gaji bulanan lebih cepat habis? Mungkin Anda sering melakukan tanda pemborosan tanpa disadari sehingga gaji Anda tampak lebih cepat habis meski baru awal bulan. Memang bukan hal mudah untuk mengelola gaji agar bisa bertahan setidaknya dalam sebulan. Namun, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika menyadari lima tanda pemborosan berikut. Simak ya agar Anda bisa belajar lebih bijak mengelola keuangan!

Sadar Nggak Makan Siang di Luar Kantor Bisa Menjadi Tanda Pemborosan?

Bosan dengan menu makan siang dari kantor mungkin membuat Anda tergoda untuk makan siang  di luar kantor bersama teman-teman kerja. Selain itu, Anda biasanya beralasan butuh udara segar agar tidak jenuh berada di dalam kantor terus. Hal ini tentu tidak menjadi masalah selama Anda tidak terlalu sering makan siang di luar kantor.

Coba hitung, berapa biaya yang Anda keluarkan untuk satu kali makan siang di tempat yang lebih nyaman? Bisa dibayangkan bukan, betapa borosnya Anda jika harus terlalu sering makan siang di luar kantor. Ada baiknya Anda mengatur strategi agar lebih berhemat dalam hal makan siang, misalnya dengan membawa bekal dari rumah.

Terlalu Mudah Tergoda Membeli Outfit Baru

Bagi kaum perempuan, mengikuti tren masa kini ibarat sebuah keharusan. Semua outfit yang dimiliki, mulai dari baju, sepatu, hingga tas, harus serba masa kini agar tidak dilabeli orang jadul. Hati-hati, kebiasaan menuruti dan mengikuti tren bisa berubah menjadi tanda pemborosan yang berbahaya.

Anda perlu memikirkan juga outfit yang selama ini sudah dimiliki. Jangan sampai kebiasaan belanja outfit baru hanya makin memenuhi lemari Anda tanpa sempat memakai semua. Bukankah itu merupakan pemborosan?

Sering Ngopi di Kafe

Nah, seberapa sering Anda menghabiskan waktu untuk nongkrong sambil menikmati kopi di kafe? Meski kegiatan ini terlihat sederhana dan menyenangkan, nyatanya Anda bisa juga terjebak gaya hidup pemborosan kalau terlalu sering minum kopi di kafe.

Mulailah pelan-pelan mengalihkan diri dari kafe dengan menikmati kopi di rumah. Kenapa? Tentu saja karena harganya jauh lebih murah dan Anda bisa berhemat banyak hal dari situ.

Baca Juga: Apakah Selama Ini Fast Fashion Bikin Anda Jadi Boros?

Belanja untuk Memenuhi Keinginan, Bukan Kebutuhan

sumber: inc42.com

Godaan terbesar saat belanja adalah promo alias diskon. Perempuan cenderung lebih mudah lapar mata pada dikson daripada laki-laki. Sebelum terjerat dalam tanda pemborosan, ada baiknya Anda juga mengingat perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Jangan mudah tergoda oleh promo atau diskon di online shopping. Coba pikirkan, untuk apa Anda belanja banyak barang dengan harga murah sementara barang tersebut belum benar-benar Anda butuhkan dan hanya sekadar memuaskan nafsu belanja Anda?

Suka Telat Bayar Cicilan? Hati-Hati, Itu Tanda Pemborosan Lho!

 

Biasakan diri untuk berdispilin dalam membayar cicilan, entah itu cicilan motor, mobil, hingga rumah. Telat membayar cicilan bisa menjadi pemborosan finansial karena Anda harus menanggung denda yang hanya akan menambah beban biaya cicilan Anda. Ternyata hal kecil seperti membayar cicilan bisa berdampak besar pada keuanganmu.

Tanda pemborosan mana yang paling sering Anda lakukan? Yuk, ubah pelan-pelan kebiasaan kita dalam menggunakan uang agar gaji tidak cepat ludes sebelum waktunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here