5 Tantangan Bisnis yang Harus Diatasi Kalau Ingin Sukses Berbisnis

Tidak banyak bisnis yang bisa bertahan lama setelah produk/layanannya ditawarkan pada konsumen. Hal tersebut disebabkan karena ada banyak masalah dan tantangan bisnis yang harus dilalui oleh seorang pebisnis. Di sisi lain, tidak semua pebisnis bisa menghadapi berbagai masalah dan tantangan tersebut.

Tantangan yang pertama kali dihadapi adalah tantangan saat mulai membangun bisnis. Pasalnya, ada banyak keterbatasan yang dimiliki oleh pebisnis di awal memulai bisnisnya. Mengelola operasional bisnis juga memunculkan tantangan yang lain. Belum lagi jika ada komplain dari pelanggan, atau terjadi kegagalan produksi.

Oleh karenanya, ada baiknya kamu mengetahui apa saja tantangan yang sering dihadapi oleh pebisnis sebelum mereka meraih kesuksesannya.

Tantangan untuk Membangun Tim Bisnis yang Solid

Bisnis bisa berkembang dengan baik jika dikelola oleh sumber daya yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Namun, umumnya kedua hal tersebut sulit terpenuhi di awal pendirian bisnis.

Untuk mengatasinya, kamu bisa meminta bantuan teman atau kenalan yang bisa membantumu dalam hal merekrut karyawan. Selain itu, kamu juga harus memahami dengan baik job-desc yang ada agar bisa mencari karyawan yang bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan. Yang tidak kalah penting, ketahui pula apa harapan karyawan saat bergabung di bisnis atau perusahaanmu.

Mengelola Modal dan Cash Flow

Uang atau modal merupakan penggerak roda bisnis. Salah dalam mengelola modal akan membuat bisnis yang dibangun tidak bisa berjalan, apalagi berkembang. Bahkan, pebisnis bisa terlilit utang karenanya.

Di sisi lain, dalam memulai bisnis umumnya pebisnis mengalami kendala keterbatasan modal. Karenanya, mengelola modal dengan efektif dan efisien menjadi tantangan pebisnis yang harus bisa diatasi kalau ingin sukses mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, kamu juga harus bisa mengelola cash flow. Sehingga kamu selalu bisa menyediakan produk/jasa yang berkualitas dan menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Ingin Punya Bisnis Kuliner tetapi Modal Terbatas? Cloud Kitchen Solusinya

Mengelola Waktu

Bagi kamu yang membangun bisnis sembari bekerja, mengelola waktu menjadi tantangan tersendiri yang harus diatasi. Karena, semakin sedikit waktu yang diberikan untuk bisnis, semakin sedikit pula fokus dan perhatian yang bisa diberikan.

Di sisi lain, kamu tentunya harus mengambil keputusan-keputusan bisnis yang penting. Jika kehilangan fokus dan perhatian, kamu bisa saja mengambil keputusan yang salah. Ingat, salah dalam mengambil keputusan bisa berakibat kerugian.

Menjadi Pemilik Bisnis yang Efektif

Owner atau pemilik bisnis adalah leader bagi tim yang dipimpinnya. Karenanya kamu harus memiliki skill leadership yang baik jika ingin sukses dalam berbisnis. Dalam hal ini, ada baiknya jika kamu mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap anggota tim. Kamu juga harus bisa memotivasi mereka sambil memperhatikan keluhan, saran dan kritikannya.

Di sisi lain, jangan ragu untuk mendelegasikan pekerjaan. Hal ini penting untuk membangun tanggung jawab. Selain itu, dengan mendelegasikan pekerjaan kemampuan anggota tim bisa berkembang.

Membangun Brand Identity dan Brand Image

Seiring dengan berkembangnya bisnis, kamu harus bisa membangun brand identity dan brand image. Keduanya harus dikenal baik oleh konsumen. Brand identity merupakan ciri khas dari brand yang dimiliki. Umumnya brand identity bisa dikenali secara visual. Semisal, logo, warna logo, desain counter, desain produk dan lain-lain.

Sedangkan brand image merupakan citra atau pesan yang disampaikan pada konsumen sehingga konsumen memiliki persepsi tertentu terhadap produk/layanan.

Membangun brand image dan brand identity tentu membutuhkan waktu. Karena keduanya haruslah bisa diterima oleh konsumen. Selain itu, kamu juga harus berhadapan dengan pesaing.

Meraih kesuksesan dalam berbisnis membutuhkan perjuangan. Karenanya kamu harus bisa berhadapan dengan berbagai tantangan yang seringkali dihadapi oleh pebisnis saat memulai dan mengembangkan bisnisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here