5 Tips Ampuh Menghadapi Godaan Belanja Online yang Bikin Boros

Pandemi COVID-19 membawa angin segar bagi perkembangan bisnis e-commerce di tanah air. Banyak orang berbelanja online karena mengurangi aktivitas di luar rumah. Di sisi lain, godaan belanja online malah membuat banyak orang cenderung boros karena sulit mengontrol pengeluaran.

Lantas, bagaimana cara menghadapi godaan belanja online supaya kamu tidak semakin boros?

Yuk, simak ulasan ini agar kamu dapat mengontrol keinginan belanja online semaksimal mungkin!

Memprioritaskan Kebutuhan Pribadi atau Rumah Tangga

Menghadapi godaan belanja online bisa dilakukan dengan memprioritaskan kebutuhan pribadi atau rumah tangga. Sehingga kamu bisa tetap belanja online tanpa perlu khawatir dengan manfaat produk yang kamu beli.

Jadi, kamu wajib mengutamakan kebutuhan berupa persediaan makanan, produk kebersihan tubuh, atau produk lainnya yang digunakan di rumah setiap hari. Kamu harus berusaha meminimalkan keinginan untuk membeli barang berdasarkan nafsu sesaat.

Baca Juga: 6 Karakteristik Konsumen Digital dan Kebiasaannya Saat Belanja Online

Mencatat Barang-Barang yang Akan Dibeli

Hal pertama yang patut kamu lakukan untuk mengantisipasi godaan belanja online adalah mencatat barang-barang yang akan dibeli. Luangkan waktu untuk mencatat barang-barang secara cermat agar tak ada yang tertinggal.

Saat hendak belanja online, usahakan untuk tidak membeli barang-barang yang tak sesuai dengan catatan tersebut. Cara sederhana ini akan membantumu mengendalikan nafsu belanja online yang sering kali tidak terkendali.

Memanfaatkan Promo Diskon dan Cashback

Godaan belanja online juga bisa disiasati dengan memanfaatkan promo diskon dan cashback. Sehingga pengeluaranmu tidak terlalu boros karena sering belanja online secara tak terkendali. Cobalah mencari produk termurah yang sedang dijual dengan harga diskon.

Jangan lupa memanfaatkan sistem cashback yang bisa kamu dapatkan jika membayar dengan metode tertentu.

Mengatur Waktu Belanja pada Momen Khusus

Kamu juga bisa mengatasi godaan belanja online dengan menyiapkan waktu khusus untuk berbelanja. Sebaiknya kamu memanfaatkan momen hari raya dan harbolnas karena biasanya banyak produk yang dijual dengan harga diskon pada momen tersebut.

Diskon besar pada momen khusus bisa membuatmu menghemat pengeluaran ketika belanja online. Sisa bujet belanja online pun dapat kamu alokasikan untuk kebutuhan lain.

Memilih Barang dengan Teliti Sebelum Membeli

Sebaiknya kamu tidak langsung membeli barang yang kamu inginkan ketika mengunjungi toko online. Kamu harus sigap mengatasi godaan belanja online dengan cara teliti memilih barang. Alangkah lebih baik jika kamu meluangkan waktu untuk membandingkan harga barang pada dua hingga tiga toko online agar bisa mendapatkan produk dengan harga termurah.

Jangan sampai godaan belanja online membuatmu kalap hingga menguras isi tabungan, ya. Mari belanja online dengan teliti agar kamu tetap hemat setiap saat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here