5 Pilihan Konten untuk IG Story Bisnis Kamu, Biar Produk Cepat Laku

Salah satu fitur Instagram yang tidak boleh dilupakan oleh pebisnis adalah IG story. Hanya saja, kamu harus pandai-pandai memilih konten atau postingan IG story apa yang bisa membuat bisnis kamu semakin dikenal atau digemari.

Mengapa IG story begitu penting dan tidak boleh dilupakan? IG story memungkinkan kamu untuk menampilkan tayangan audio dan visual. Keduanya berguna jika kamu ingin membangun kedekatan dengan followers atau calon pembeli. Keuntungan ini sulit untuk didapatkan jika kamu hanya mengunggah foto atau gambar saja bukan?

Meski demikian, agar benar-benar bisa membangun kedekatan dengan followers, kamu harus mengunggah konten yang tepat. Nah, buat kamu yang sedang bingung konten apa yang sebaiknya diunggah, berikut beberapa pilihan konten untuk IG story yang bisa kamu buat.

Konten Behind The Scene untuk IG Story Bisnis

Yang dimaksud dengan behind the scene, yaitu cerita mengenai proses pengerjaan produk kamu. Follower umumnya tertarik pada IG story semacam ini. Karena, dengan menontonnya mereka bisa mengetahui kualitas dari produk yang kamu tawarkan.

Di IG story behind the scene kamu bisa bercerita mengenai bahan baku yang digunakan, lama pengerjaan, metode pengerjaan ataupun cara merawat produk jika sudah dibeli.

Kalau bisnis kamu menawarkan jasa, kamu bisa menceritakan persiapan yang kamu lakukan sebelum memberikan layanan tersebut.

Ide Awal dan Kisah Perjuangan

Setiap produk pasti membutuhkan ide awal sebelum ditawarkan. Nah, kamu bisa mengisahkan cerita penemuan ide tersebut di IG story bisnis kamu. Semisal, kalau berjualan nasi kulit, kamu bisa bercerita mengapa kamu ingin berjualan nasi kulit.

Selain itu, kamu juga bisa bercerita mengenai perjuanganmu memulai atau mengembangkan usaha. Semisal, di awal usaha kamu harus mengerjakan semuanya sendiri karena belum bisa merekrut karyawan. Kamu juga terpaksa berutang untuk bisa mendapatkan modal.

Baca Juga: 5 Strategi Storytelling agar Bisnis Anda Dekat di Hati Konsumen

Mengadakan Kuis atau Trivia

Cara lain untuk meningkatkan viewers IG story bisnis, kamu bisa mengadakan kuis atau trivia. Berikanlah pertanyaan-pertanyaan kuis atau trivia yang sekiranya bisa merangsang viewers untuk menjawabnya. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa berkaitan dengan produk ataupun tidak. Yang penting jangan lupakan unsur yang menyenangkan.

Tidak ada salahnya untuk memberikan giveaway buat followers yang bisa menjawab pertanyaan yang kamu berikan.

Polling atau Q&A (Question and Answer)

Kalau merasa kuis atau trivia kurang memancing minat followers untuk berpartisipasi, kamu bisa memposting polling atau Q&A. Selain menambah jumlah viewers, polling dan Q&A juga berguna untuk mengembangkan produk atau bisnis kamu.

Polling berguna untuk mengetahui minat atau harapan dari konsumen. Sedangkan Q&A berguna untuk menjawab semua pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan produk.

Seperti juga kuis atau trivia, kamu bisa memberikan giveaway bagi mereka yang berpartisipasi diunggahan polling atau Q&A ini.

Unggahan Testimoni atau Review di IG Story Bisnis Kamu

Tidak ada yang lebih meyakinkan calon pembeli selain testimoni dari pelanggan lain. Nah, kamu bisa mengunggah IG story testimoni di akun instagram bisnis kamu. Dengan begini, tingkat kepercayaan followers atau pembeli bisa meningkat.

Selain testimoni kamu juga bisa mengunggah review. Tentunya, akan lebih baik jika followers atau orang lain yang memberikan reviewnya. Bedanya dengan testimoni, review menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari produk kamu. Selain itu, review juga membandingkan produk kamu dengan produk pesaing.

Dengan mengunggah konten di atas di IG story akun bisnis, diharapkan kamu bisa mengubah followers yang dimiliki menjadi viewers aktif. Sehingga kedekatan dan interaksi antara kamu dan followers bisa meningkat. Dengan begitu, followers tidak ragu lagi untuk melakukan pembelian atau merekomendasikan produkmu pada orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here