Hey Ladies, Ini 6 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Selama ini madu memang sudah sangat populer dengan berbagai macam manfaat terutama bagi kesehatan. Namun tahukah Anda jika ternyata ada juga manfaat madu bagi kecantikan yang mungkin selama ini jarang diketahui. Semua khasiat tersebut tentu saja didukung oleh kandungan nutrisi yang ada di dalam madu murni. Selain air dan gula alami atau fruktosa, madu memiliki kandungan asam amino, antioksidan, vitamin dan mineral. Selain untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa manfaat madu bagi kecantikan:

Tak Disangka Inilah Manfaat Madu Bagi Kecantikan

Masker Wajah

Madu memiliki kemampuan dalam melembabkan dan menenangkan kulit. Selain itu, madu mentah bisa melembutkan dan mencerahkan kulit yang kusam. Gula dalam madu bertindak sebagai humektan alami dan emolien yang meningkatkan kadar air dan mengurangi kekeringan pada kulit bahkan setelah dicuci. Oleskan madu mentah langsung pada kulit dan biarkan hingga 20 menit, lalu bilas dan pijat sampai bersih dengan air.

Menyembuhkan Luka

 

manfaat air madu

Selain memiliki kekuatan untuk mempercantik kulit, madu juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Antioksidan dalam madu dapat memulihkan bekas luka pada kulit, dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang rusak. Selain itu, khasiat antiseptik alami juga mampu mencegah infeksi dan melindungi luka sehingga tidak akan meninggalkan bekas luka yang dalam.

Mengobati Jerawat

kulit berjerawat

Mengobati jerawat menjadi salah satu daftar panjang dari manfaat madu bagi kecantikan kulit. Anti-inflamasi pada madu mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat di area wajah. Sifat antibakteri juga membantu melawat bakteri penyebab jerawat, menghidrasi kulit, dan mengontrol produksi minyak di wajah. Anda bisa mengoleskan madu mentah ke seluruh permukaan kulit lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan ini secara rutin maka Anda bisa merasakan khasiatnya.

Baca Juga : Selain Rasanya yang Enak, Mari Intip Khasiat Mangga untuk Kecantikan!

Kondisioner Rambut

Selain untuk menyehatkan dan mempercantik kulit, madu juga memiliki manfaat bagi kecantikan dan kesehatan rambut. Madu alami ternyata bisa digunakan sebagai kondisioner alami karena merupakan humektan yang mampu melembabkan. Selain sehat, rambut Anda akan lebih lembut dan terlihat berkilau.

Melembabkan Bibir

Salah satu manfaat madu bagi kecantikan yaitu berfungsi sebagai pelembab bibir atau lip balm alami yang lebih sehat. Jika Anda memiliki masalah terkait bibir pecah-pecah atau kering maka mengoleskan madu ke permukaan bibir menjadi solusi yang tepat. Manfaat madu yang menghidrasi dengan enzim, antioksidan, dan mineral bekerja keras untuk melembabkan kulit bibir dan membuat bibir lebih terlihat memukau.

Menghidrasi Rambut

Selain sebagai kondisioner, madu juga bisa digunakan pada rambut yang kering. Menggunakan masker rambut yang ditambahkan madu asli akan membantu rambut tetap terhidrasi dengan baik atau tidak kering dan bercabang. Anda bisa mencampur madu dan minyak zaitun kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut, diamkan 25 menit lalu bilas dengan bersih. Lakukan tiga kali dalam satu ulan maka cara ini cukup efektif untuk menghidrasi rambut berkilau Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here