Yuk, Kenalan dengan 7 Fungsi Cover Letter untuk Mendukung Lamaran Kerja!

Melamar pekerjaan bukan hanya butuh Curriculum Vitae (CV) sebagai salah satu syarat utama. Kamu juga harus membuat cover letter untuk melengkapi CV dan dokumen penting lainnya. Fungsi cover letter tak kalah dibandingkan CV dan sangat penting untuk menarik perhatian rekruter.

Cover letter adalah surat pengantar lamaran kerja yang ditujukan kepada pihak rekruter serta perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Setelah menyimak ulasan tentang fungsi cover letter berikut ini, kamu pasti termotivasi untuk membuatnya secara lebih profesional:

Menunjukkan Niat Besar dan Itikad Baik terhadap Pekerjaan

Fungsi cover letter yang paling utama adalah menunjukkan niat dan itikad baikmu ketika melamar pekerjaan. Itulah sebabnya, surat pengantar lamaran kerja harus mengandung antusiasme untuk meyakinkan perusahaan bahwa kamu adalah kandidat karyawan terbaik.

Fungsi Cover Letter untuk Menjelaskan Kemampuan Kerja Secara Rinci

Informasi tentang kemampuan kerja memang sudah dimuat dalam CV. Kendati demikian, fungsi cover letter juga penting untuk menjelaskan lebih detail tentang kemampuan kerja tersebut.

Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan di bidang public relation, kamu bisa menceritakan pengalamanmu sebagai Master of Ceremony (MC) untuk berbagai acara besar dalam lampiran cover letter.

Baca Juga: Bikin CV di HP Android Makin Mudah dengan 5 Aplikasi Ini!

Mengungkapkan Karakter Secara Profesional

Kamu juga dapat menyertakan informasi tentang karaktermu dalam cover letter. Misalnya, kamu menjelaskan bahwa dirimu adalah pribadi yang suka belajar hal-hal baru, senang bertemu banyak orang, dan mampu bekerja secara individu maupun dalam tim.

Usahakan memaksimalkan fungsi cover letter untuk memaparkan karakter secara profesional supaya tidak terkesan berlebihan.

Membuatmu Lebih Menonjol Dibandingkan Kandidat Lain

Tak banyak yang menyadari kalau fungsi cover letter juga dapat membuatmu lebih menonjol dibandingkan kandidat karyawan lain. Karena cover letter bukan lampiran wajib, tak semua kandidat karyawan membuatnya saat melamar kerja.

Kemungkinan besar kamu akan jadi pelamar kerja yang menonjol dan lebih diingat oleh rekruter bila melampirkan cover letter.

Menampilkan Kontribusi yang Bisa Diberikan untuk Perusahaan

Lampiran cover letter juga dapat memuat penjelasan tentang kontribusi yang bisa kamu berikan untuk perusahaan. Bagian ini biasanya akan disimak secara cermat oleh rekruter agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Semakin besar kesesuaian antara kebutuhan perusahaan dan kontribusi yang dapat kamu berikan, maka semakin besar pula peluang diterima kerja.

Meminimalkan Pertanyaan tentang CV Juga Merupakan Fungsi Cover Letter

Kamu dapat menggunakan cover letter untuk memuat pernyataan yang tidak bisa ditampilkan pada CV. Contohnya, pertanyaan tentang unemployement gap atau kecenderungan berpindah kerja dalam waktu singkat. Fungsi cover letter yang satu ini dapat meminimalkan penilaian subjektif rekruter terhadap dirimu.

Meyakinkan Rekruter Bahwa Kamu adalah Kandidat yang Tepat

Kesimpulannya, fungsi cover letter sangat penting untuk meyakinkan rekruter bahwa kamu adalah kandidat yang tepat. Kamu wajib menunjukkan kompetensi yang baik sambil tetap mempertahankan karakter pribadi saat melamar kerja.

Sekarang, yuk bersiap membuat cover letter terbaik untuk menampilkan profesionalitasmu ketika melamar kerja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here