7 Pertanyaan Yang Harus Dijawab Sebelum Anda Menentukan Karir

7 Pertanyaan Yang Harus Dijawab Sebelum Anda Menentukan Karir
Sumber: workitdaily

Mencari pekerjaan dan menentukan karir bukanlah perkara mudah. Anda bisa saja mengambil sebuah pekerjaan hanya agar tak ingin dicap sebagai seorang pengangguran, tetapi apakah Anda sudah memikirkan dampak jangka panjang dari keputusan tersebut?

Bekerja merupakan kegiatan yang akan Anda lakukan berulang-ulang di tempat yang sama dan dengan orang yang sama. Meski demikian, ada beberapa faktor yang akan bisa membuat Anda keluar dari rutinitas tersebut, semisal melakukan perjalanan bisnis dan berpindah kantor cabang. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan suasana dan teman baru.

Namun, tetap saja dalam memilih pekerjaan Anda harus memikirkan berbagai pertimbangan lebih dulu. Tak melulu soal gaji, sebab gaji yang besar belum tentu dapat memuaskan Anda.

Ingat, jenis pekerjaan apapun jika Anda mencintainya akan terasa berkali lipat lebih menyenangkan ketimbang memiliki banyak uang. Sebaliknya, jika Anda tak menikmatinya justru pekerjaan tersebut akan berubah menjadi sebuah beban.

Jawaban atas pertanyaan ini akan menentukan karir Anda

Sebelum memilih jenis pekerjaan tertentu sebaiknya lakukan pertimbangan agar tak salah mengambil keputusan. Jika tidak melakukannya, resiko kehilangan pekerjaan bisa terjadi. Selain itu, Anda akan selalu melakukan kesalahan yang sama bila tak segera melakukan evaluasi diri.

Agar tak menyesal, sebaiknya mulai renungkan karir mana yang sebaiknya Anda pilih sebagai mata pencaharian. Bagi Anda yang sudah bekerja mungkin bisa untuk menimbang-nimbang perlukah untuk mencari pekerjaan lain atau justru tetap bertahan ditempat kerja yang sekarang.

Inilah beberapa hal yang harus Anda jawab sebelum memilih sebuah pekerjaan,

1. Apa bakat alami anda?

Jawaban atas pertanyaan ini akan menentukan karir Anda
Sumber: mckinsey

Tanyakan pada diri Anda, apa bakat yang Anda miliki?

Setiap orang memiliki bakat alaminya tersendiri. Ciri dari Anda memiliki suatu bakat adalah apabila ada suatu tugas dibebankan pada Anda, hal tersebut mudah untuk Anda selesaikan.

Saat Anda menggunakan kekuatan dari bakat alami, waktu terasa bergerak cepat dan cenderung menginginkan suatu pengakuan dan pujian atas kemampuan tersebut. Mengetahui apa bakat alami Anda adalah kunci penting untuk memilih karir yang tepat.

2. Bagaimana gaya kerja Anda?

Sumber: refreshmoments
Sumber: refreshmoments

Setiap individu memiliki gaya kerja yang disukai, meski kerap kita tidak menyadarinya. Gaya kerja kadang-kadang dapat bertentangan dengan pilihan karir. Misalnya, lingkungan kerja yang fleksibel memungkinkan Anda mengatur jadwal kapan proyek diselesaikan. Hal ini tidak ditemukan jika Anda bekerja di lingkungan yang terstruktur, memiliki tenggat waktu serta pedoman yang ketat.

3. Dimana Anda ingin bekerja?

Sumber: time
Sumber: time

Dimana lokasi kerja yang Anda pilih? Pilihan yang ada sangat bervariasi, yaitu dari kantor kecil di sebuah kota terpencil, hingga kantor besar yang dikelilingi gedung pencakar langit di kota metropolitan.

4. Apakah anda menikmati interaksi sosial?

Sumber: theconversationalist
Sumber: theconversationalist

Coba renungkan, apakah selama ini Anda merasa nyaman bersosialisasi dengan orang lain? Tidak ada rasa ingin segera meringkuk di suatu tempat? Atau justru Anda merasa kehilangan sesuatu saat percakapan tersebut usai?

Dengan mengetahui seberapa nyaman Anda dalam menikmati interaksi dengan orang lain maka Anda dapat memilih karir yang cocok.

5. Seberapa penting keseimbangan antara keluarga dengan pekerjaan?

Sumber: pocketlawyer
Sumber: pocketlawyer

Jika Anda merasa keluarga masuk ke dalam kategori yang penting dalam hidup, maka carilah pekerjaan dengan jam reguler yang tidak mensyaratkan adanya jam lembur atau bekerja di akhir pekan.

6. Nyamankan Anda di mata publik?

Sumber: in-learning
Sumber: in-learning

Beberapa karir tertentu membutuhkan dan bahkan mendorong karyawannya untuk terbiasa menghadiri acara-acara di muka public, seperti misalnya posisi Juru Bicara yang mewakili perusahaan.

Jika Anda tipikal pemalu dan lebih menyukai kerja di balik layar, maka jangan pilih pekerjaan yang mengharuskan Anda tampil di muka publik.

7. Seberapa baik Anda menangani stres?

Sumber: healthypanacea
Sumber: healthypanacea

Setiap pekerjaan memiliki masalah dan tekanan yang berbeda pula. Masing-masing orang juga memiliki ambang batas stres yang berbeda. Dengan mengetahui ambang batas tersebut, Anda akan lebih mudah memilih karir yang tepat.

Jika Anda suka bersantai dengan pekerjaan maka jangan cari pekerjaan yang akan menyedot tenaga dan pikiran. Sebaliknya, jika Anda bosan dengan hal-hal yang standar dan mencintai tantangan, kerja dengan tekanan yang lebih akan membuat Anda lebih terpacu.

Itulah beberapa pertimbangan yang sebaiknya Anda pikirkan dan renungkan sebelum memilih jenis pekerjaan yang paling tepat untuk Anda.