8 Fakta Film Titanic yang Jarang Diketahui Orang

Sumber: today

Hingga saat ini dua judul film garapan James Cameron berhasil memuncaki tiga besar peringkat box office dunia. Salah satunya adalah ‘Titanic’. Berikut ini beberapa fakta tentang film tersebut.

Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, Titanic adalah salah satu film garapan James Cameron yang sukses saat ditayangkan. Dari sisi penjualan tiket film tersebut mendapatkan pemasukan tak kurang dari USD 2,1 milyar. Sedangkan dari sisi penghargaan Titanic mendapatkan 10 Piala Oscar, termasuk di antaranya adalah untuk kategori Sutradara Terbaik dan Film Terbaik.

Deretan Fakta Film Titanic

Tercatat beberapa kejadian menarik terjadi selama proses produksi Titanic. Mulai dari pemilihan para bintangnya, hingga saat film tersebut ditayangkan di layar lebar. Berikut ini beberapa fakta terkait film Titanic yang jarang diketahui oleh para penggemar film.

Berawal dari Hobi

Deretan Fakta Film Titanic
Sumber: nationalgeographic

James Cameron memiliki hobi menyelam dan selalu ingin menyaksikan bangkai kapal Titanic dari dekat. Hal itu menjadi alasan utama mengapa Cameron menggarap film Titanic.

Audisi McConaughey

Sumber: consequenceofsound

Meski Leonardo DiCaprio menjadi bintang utama di film Titanic, aktor Mathew McConaughey nyatanya pernah mengikuti audisi untuk peran Jack Dawson di film tersebut. Kabar tersebut baru terungkap pada 2017, saat Kate Winslet melakukan wawancara di sebuah acara talk show.

Nicole Kidman sebagai Rose

Sumber: longevitylive

Selain Mathew McConaughey, beberapa aktris papan atas juga gagal mendapat peran Rose DeWitt Bukater di film Titanic. Beberapa di antaranya adalah Nicole Kidman, Jodie Foster, dan Sharon Stone.

De Niro sebagai Kapten Kapal

Sumber: inserbia

Satu lagi aktor papan atas yang juga batal bermain di film tersebut adalah Robert De Niro. De Niro gagal mendapatkan peran sang kapten kapal karena menderita sakit pada lambungnya.

Waktu Tenggelamnya Titanic

Sumber: planetamorfina

Di salah satu adegan di film Titanic diperlihatkan sebuah jam yang menunjukkan pukul 02.20 pagi. Waktu tersebut adalah waktu dimana kapal RMS Titanic tenggelam pada April 1912.

Pengambilan Gambar

Sumber: konbini

Tercatat 350,000 galon air digunakan di adegan yang menggambarkan kejadian pasca kapal Titanic tenggelam. Saat itu, James Cameron juga mengancam untuk memecat para aktor dan aktris yang keluar dari air dengan apa pun.

Baca Juga: Sekuel Avatar Dirilis 2020, James Cameron Sudah Produksi Filmnya Sekarang

Durasi Film

Sumber: coolerinsights

Pada April 1912, HMS Titanic menabrak dan menerobos gunung es dalam waktu 37 detik. Di filmnya Titanic juga bertabrakan dengan gunung es dalam waktu 37 detik.

Di kejadian sebenarnya, Titanic tenggelam dalam waktu 2 jam 45 menit. Tanpa menghitung kejadian hari sekarang dan credit title di awal dan akhir film, film Titanic juga memiliki durasi waktu 2 jam 45 menit.

Versi Video dan Layar Lebar

Sumber: etsy

Titanic merupakan film pertama yang merilis versi video meski filmnya masih ditayangkan di bioskop. Saat filmnya tayang, distributor film tersebut juga harus mengirimkan film baru kepada beberapa bioskop karena film sebelumnya terlalu banyak diputar ulang.