8 Minuman Tradisional Ini Jadi Favorit Masyakat Indonesia

Sumber: Topindonesiaholidays

Minuman tradisional Indonesia sangatlah beragam. Dan tiap daerah begitu bangga dengan minuman yang telah dikenal dari generasi ke generasi. Tahukah Anda? Minuman asli Indonesia tidak hanya sekedar minuman, namun juga memiliki khasiat kesehatan karena seringkali dibuat dari berbagai bahan alami dan rempah-rempah pilihan sehingga dapat memberi manfaat bagi para peminumnya. Dan di bawah ini adalah beberapa minuman tradisional Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat.

Minuman Tradisional Indonesia yang Difavoritkan Masyarakat

1. Bajigur

Bajigur
Sumber: Noble-house

Buat orang Sunda, wedang bajigur atau minuman tradisional bajigur tentu sudah tidak asing lagi. Minuman ini cocok sekali diseruput saat cuaca dingin karena bisa menghangatkan badan. Bahan-bahan seperti santan, jahe, bubuk vanili, garam, dan gula aren ini juga dipercaya dapat mengobati sakit perut dan demam.

2. Bir Pletok

Bir Pletok
Sumber: Topindonesiaholidays

Minuman tradisional Indonesia khas dari Betawi ini juga sudah cukup populer. Bir pletok sendiri dibuat dari bahan rempah pilihan, mulai dari kayu secang, pala, kapulaga, serai, kayu manis, jahe, cengkeh, gula, dan sedikit garam. Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau ditambah dengan es.

3. Sekoteng

Sekoteng
Sumber: Carihotelaja

Bagi masyarakat Jawa Tengah, minuman tradisional sekoteng tentu tidak asing lagi. Minuman yang dibuat dari jahe, potongan roti, kacang, tanah, pacar cina, dan kacang hijau ini sangat laku dijual saat cuaca dingin atau sedang hujan karena bisa menghangatkan tubuh. Dan biasanya, penjual akan berkeliling kota dengan cara dipikul atau menggunakan gerobak.

4. Wedang Ronde

Wedang Ronde
Sumber: Destinasi

Inilah salah satu minuman tradisional Indonesia yang cukup populer di Tanah Jawa. Wedang ronde ini memiliki banyak isian, mulai dari potongan roti, kacang tanah, ronde yang dibuat dari ketan, kolang kaling. Bahan lain yang digunakan untuk membuat wedang ronde adalah jahe, gula pasir, dan lainnya. Rasanya yang unik membuat wedang ronde punya banyak penggemar.

5. Sarabba

Sarabba
Sumber: Jamuhomeremedy

Buat orang Makassar, minuman sarabba sudah seperti minuman yang melegenda karena minuman ini sudah ada sejak nenek moyang. Minuman ini juga cocok untuk menghangatkan badan karena dibuat dari berbagai rempah, mulai dari merica bubuk, jahe, santan, gula aren, sedikit garam, dan kuning telur. Konon, sarabba ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati flu, dan meningkatkan stamina.

6. Cendol/Dawet

Es Dawet Ayu atau Es Cendol
Sumber: Resephariini

Minuman cendol atau dawet sepertinya mudah sekali ditemukan di berbagai daerah. Minuman ini dibuat dari tepung beras yang diberi gula merah, santan, parutan es, dan cocok sekali dinikmati saat cuaca sedang panas. Rasanya yang manis dan gurih pun membuat cendol atau dawet disukai oleh masyarakat Indonesia.

7. Lahang

Lahang
Sumber: Carihotelaja

Salah satu minuman tradisional Indonesia yang cukup unik adalah lahang. Minuman ini dibuat dari nira dengan citarasa segar dan manis. Sebenarnya, lahang sendiri didapat dengan cara penyadapan pada pohon aren. Pemilihan pohon sangatlah penting agar rasanya pas dan nikmat. Hanya orang yang sudah ahli dalam menyadap pohon aren saja yang bisa memilih dan membuat lahang yang enak.

8. Bandrek

Bandrek
Sumber: Bisnismakanan

Bandrek adalah salah satu minuman tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kayu manis, cengkih, gula aren, serai, merica, jahe, daun pandan dan sedikit garam. Agar tambah nikmat, terkadang juga bisa ditambah dengan susu putih. Dan karena dibuat dari bahan jahe, minuman ini pun cocok sekali dinikmati saat hujan atau cuaca dingin untuk bisa menghangatkan badan.

Minuman tradisional Indonesia di atas sudah sangat populer di tengah masyarakat. Harganya yang terjangkau, khasiatnya yang tidak perlu diragukan lagi, serta rasanya yang nikmat membuat minuman tersebut menjadi favorit.