9 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang HRD

Kemampuan Dasar HRD

HRD memiliki peran sebagai perekrut tenaga kerja yang akan bekerja di perusahaan. Maka dari itu, setidaknya seorang HRD menguasai ilmu atau kemampuan dasar yang dapat menunjang ketika menyeleksi calon tenaga kerja agar mereka dapat menjalankan perannya dengan baik. Jika seorang HRD tidak mengetahui kemampuan dasar tersebut, ditakutkan kedepannya malah akan menjadi masalah di dalam perusahaan

Sebagai HRD juga Anda harus bisa bersikap professional agar dapat memilih calon tenaga kerja yang terbaik. Maka dari itu untuk dapat menjadi HRD yang professional, sebaiknya ketahuilah 9 kemampuan dasar yang wajib untuk dimiliki seorang HRD berikut ini :

9 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang HRD

 

Organization

Manajemen HRD memerlukan langkah-langkah pendekatan. Data-data yang rapi, kemampuan mengelola waktu dengan baik, efisiensi personal, merupakan hal-hal yang mendasar dalam fungsi HRD. Sebagai HRD, Anda berarti siap untuk berurusan dengan kelangsungan hidup dan karier orang banyak.

Multitasking

Menjadi HRD itu harus memiliki kemampuan multitasking yang baik. Bisa dibilang, jika HRD itu harus memiliki banyak tangan untuk menerima curhatan dari para karyawan di perusahaan tersebut. Multitasking ini akan memudahkan HRD dalam menjalankan perannya.

Discretion and Business Ethics

Profesional HRD adalah hati nurani perusahaan dan penjaga kerahasiaan informasi. Seiring dengan Anda melayani top management, Anda juga harus memastikan bahwa karyawan tetap berhak memiliki privasi yang terjaga.

Dual Focus

Profesional HRD harus mampu berdiri di tengah-tengah antara kepentingan dan kebutuhan karyawan serta manajemen. Jadi, harus memiliki kefokusan dobel dalam hal ini.

Employee Trust

Karyawan selalu berharap pada staff HRD untuk membela kepentingan mereka. Maka dari itu, sebelum menjadi HRD Anda harus mendapatkan kepercayaan dari karyawan yang bekerja.

Fairness

Sebagai HRD, Anda harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan menerima aspirasi dari karyawan untuk mengungkapkan pendapatnya. Dengan demikian, sikap keterbukaan akan tercipta.

Dedication to Continuous Improvement

Profesional HRD harus selalu siap membantu manajer mendampingi dan mengembangkan karyawan di lini masing-masing. Jadi, HRD itu harus memiliki dedikasi yang baik.

Strategic Orientation

Berpikir ke depan adalah bagian dari peran kepemimpinan dan strategi manajemen yang dimiliki orang HRD.

Team Orientation

HRD harus bisa menjadikan tim kerja menjadi yang terbaik.

Itulah 9 kemampuan dasar yang wajib dimiliki bagi seorang HRD.