Ada Update Baru, Fitur Status WhatsApp yang Lama Dinamai ‘Tagline’

Ada Update Baru, Fitur Status WhatsApp yang Lama Dinamai ‘Tagline’
Sumber: techradar

WhatsApp baru saja menambahkan fitur status baru. Kini pengguna bisa mengupload foto, video atau gambar GIF di statusnya. Untuk fitur status yang lama, kabarnya bakal muncul kembali dengan nama ‘tagline’.

Beberapa hari lalu WhatsApp baru saja mengupdate fitur statusnya. Kini pengguna tak lagi bisa mengetikkan status ataupun menggunakan beberapa kalimat default yang selama ini bisa dipilih untuk mengisi kolom status yang menjadi bagian dari profile.

Sebagai gantinya, WhatsApp mengadopsi fitur status yang ada pada platform Snapchat. Fitur ini memungkinkan pengguna mengupload foto, video atau gambar GIF untuk menjadi status. WhatsApp juga menambahkan fitur kamera yang bisa langsung digunakan untuk mengambil gambar foto atau video tanpa perlu lagi keluar dari platform tersebut.

Meski kini pengguna WhatsApp sudah bisa mengupload foto, video atau gambar GIF sebagai status, status tersebut tak bisa bertahan lama karena foto, video ataupun gambar GIF yang diupload akan hilang setelah 24 jam.

Fitur status yang baru bisa diakses lewat tab status di aplikasi WhatsApp versi terbaru. Setelah mengambil gambar dengan kamera, pengguna bisa mengeditnya sebelum menguploadnya. Selanjutnya, pengguna WhatsApp bisa memilih contact yang mana saja yang bisa melihat status atau membebaskan semua contact untuk bisa melihat status.

Dengan adanya fitur status yang baru, pengguna dengan sendirinya tak lagi bisa mengetikkan atau memilih status default, namun pengguna WhatsApp masih bisa mengetikkan caption di gambar, video ataupun gambar GIF yang diupload.

Sebagai tambahannya, fitur status yang baru ini juga memungkinkan pengguna mengetahui berapa banyak contact yang telah melihat status dan contact mana saja yang sudah melihat status (men-tap eye icon/gambar mata di tab status) . Selain itu tentu saja status ini juga bisa didelete. WhatsApp mengklaim fitur status barunya ini sudah dilindungi oleh sistem keamanan end-to-end encryption.

Fitur Status WhatsApp Baru vs Lama

Fitur Status WhatsApp Baru vs Lama
Sumber: mobipicker

Meski ada update baru yang dilakukan oleh WhatsApp terkait status, tak semua pengguna menanggapi positif perubahan tersebut. Terbukti baru beberapa jam setelah update pada status dirilis, banyak pengguna WhatsApp yang protes lewat akun media sosial mereka.

Salah satu alasan yang menyebabkan banyak pengguna yang protes adalah kini WhatsApp meniadakan daftar contact (contact list) pada aplikasinya. Selain itu banyak pengguna WhatsApp beranggapan bahwa kini aplikasi tersebut perlahan mulai bergeser fungsinya dari aplikasi pesan singkat yang menjaga privasi menjadi platform sosial media layaknya instagram atau facebook.

Meski demikian, dilansir Ndtv, akun twitter WABetaInfo memberikan bocoran terkait fitur status versi lama milik WhatsApp. Seperti diketahui WABetaInfo merupakan akun yang kerap memberikan informasi mengenai update terbaru pada beragam aplikasi.

Dalam bocorannya, WABetaInfo menyebutkan bahwa WhatsApp tengah berencana mengembalikan fitur status versi lama. Fitur tersebut nantinya diberinama ‘tagline’. Dengan ‘tagline’ pengguna kembali bisa mengetikkan kalimat dan menambahkan emoji di kolom statusnya. Selain itu, fitur ‘tagline’juga akan diproteksi oleh sistem keamanan terenkripsi.

‘Tagline’ telah diujicobakan di WhatsApp versi beta untuk sistem operasi iOS 2.17.6.21 dan Windows 2.17.82. Pun demikian, WABetaInfo tak menginformasikan kapan fitur status lama milik WhatsApp tersebut akan kembali dirilis.