Ini Nih, 5 Kebiasaan Orang Cerdas yang Harus Diadopsi

Setiap orang membangun kebiasaan dari rangkaian aktivitas yang sering dilakukan hingga membentuk sebuah pola. Banyak yang penasaran dengan kebiasaan orang cerdas yang akhirnya bisa mencapai kesuksesan tertingginya. Apa yang biasanya mereka lakukan? Kebiasaan apa yang membedakan Anda dengan orang-orang yang memiliki kecerdasan tingkat tinggi? Apa kelemahan mereka?

Ada banyak pertanyaan yang ingin mengidentifikasi apa yang membuat mereka sangat cerdas dan sukses. Berikut ini ada beberapa kebiasaan orang cerdas yang bisa kamu adopsi sebagai cara untuk mengembangkan kebiasaan baik dalam dirimu:

Bertanya Setelah Berpikir

Orang yang sangat cerdas tidak pernah bertanya omong kosong, mereka selalu berpikir sebelum mengajukan pertanyaan. Mereka membiarkan pikiran mengembara untuk mendapatkan apa yang benar-benar ingin mereka pahami dari orang lain.

Hal yang hampir tidak pernah mereka lakukan adalah jumping conclusion. Menganalisis masalah hingga menemukan kesimpulan yang beralasan adalah hal wajib yang harus dilakukan. Sehingga saat kamu mencoba berbohong, mereka akan dengan mudah tahu jika semua yang kamu katakan adalah kebohongan.

Haus Akan Pengetahuan

Meskipun orang menganggap mereka sangat cerdas, tapi mereka selalu menganggap dirinya tidak tahu banyak hal. Orang yang sangat pandai membaca banyak hal, mengamati dengan seksama, menganalisis, mengeksplorasi, mencari kebenaran.

Setelah mengetahui hal baru, maka mereka akan mencari lagi hal-hal lain yang perlu dipahami, lantas siklus ini berjalan terus menerus tanpa henti.

Baca Juga: Apa Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional? Ketahui dengan Cara Ini

Menuangkan Pemikiran dalam Tindakan

Kebiasaan orang cerdas yang patut diadopsi adalah selalu memiliki sinergi antara apa yang ada di dalam kepala dan tindakannya. Dengan kata lain mereka selalu berusaha menjalankan semua rencana melalui tindakan.

Semua yang sudah dipikirkan, ide-ide, perbaikan, dan tujuan yang sudah dibuat akan dituangkan dan direalisasikan dalam tindakan nyata yang berstruktur.

Meminimalisir Distraksi dan Fokus pada Tujuan

Orang yang cerdas tidak akan membuang waktu berharga mereka hanya untuk menerima distraksi dari lingkungan sekitar. Mereka memiliki timelines untuk semua tujuan yang sudah dibuat, maka dari itu mereka paham dengan apa yang harus dicapainya.

Mereka tidak mau menempatkan pikiran untuk sesuatu yang tidak berguna, mereka memiliki prioritas, mimpi, passion, dan langkah yang dibutuhkan untuk mencapai goal.

Berani Mengambil Keputusan, Mengambil Semua Risiko

Membuat skenario untuk setiap peluang kejadian bukanlah kebiasaan orang cerdas. Sebaliknya mereka akan berpikir keras  untuk menentukan keputusan terbaik, dan mengambil risiko untuk semua konsekuensi yang akan mereka terima di kemudian hari.

Mereka melakukan apapun yang dipercayai dan sudah dianalisis sebelumnya. Jika keputusan yang diambil ternyata salah dan menyebabkan kegagalan. Maka mereka menerima dan melakukan perbaikan diri, bukan menyesalinya dan putus asa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here