5 Aspek Terbaik untuk Buat Karyawan Terbaik Betah di Perusahaan Anda!

5 Aspek Terbaik Untuk Buat Karyawan Terbaik Betah Di Perusahaan Anda!
Sumber: Pexels

Perusahaan bisa berkembang jika diisi oleh karyawan terbaik dan orang yang kompeten di bidangnya. Posisi-posisi yang diisi oleh orang-orang terbaik memastikan bahwa setiap sisi dan bidang dari perusahaan bisa dijalankan dengan baik dan maksimal. Dengan begitu, setiap permasalahan yang terjadi ketika suatu strategi perusahaan dijalankan bisa segera diatasi dengan baik.

Sayangnya, banyak perusahaan mengalami kesulitan untuk mempertahankan karyawan terbaik yang menjalankan strategi perusahaan. Lalu, bagaimanakah caranya untuk membantu mempertahankan karyawan terbaik bagi perusahaan-perusahaan? Beberapa aspek terbaik ini bisa menjadi jawabannya!

Baca Juga: Keunggulan yang Bisa Diperoleh dari Karyawan Overqualified

Gaji yang Seimbang dengan Waktu Kerja di Perusahaan

Gaji yang Seimbang Dengan Waktu Kerja di Perusahaan
Sumber: Pexels

Tak bisa dipungkiri bahwa gaji merupakan salah satu standar dasar bagi seorang karyawan terbaik bertahan di perusahaan Anda. Gaji yang seimbang antara pekerjaan dan waktu kerja akan membuat karyawan merasa betah dan dihargai di perusahaan. Sebaliknya, gaji yang terkesan tidak adil sementara pekerjaan yang diberikan banyak tentu akan membuat gerah karyawan tersebut.

Mentoring, Aspek Terbaik Demi Pengembangan Karir Karyawan Terbaik

Mentoring, Aspek Terbaik Demi Pengembangan Karir Karyawan Terbaik
Sumber: Pixabay

Salah satu aspek terbaik yang bisa diberikan perusahaan adalah mentoring. Anda sebagai atasan sebenarnya punya kewajiban untuk melakukan pelatihan dan pengembangan diri orang-orang yang berada di bawah Anda. Hal ini tentu membuat tim atau divisi yang Anda pimpin jauh lebih kuat dan solid. Sayangnya, banyak orang yang takut bahwa si karyawan akan pergi ketika ia mendapatkan ilmu yang cukup untuk dirinya. Faktanya, mentoring tentu akan membuat si karyawan terbaik betah karena merasa mendapatkan pengembangan diri selama berada di perusahaan.

Delegation, Kegiatan Delegasi dan Kepercayaan kepada Seorang Karyawan

Delegation, Kegiatan Delegasi dan Kepercayaan Kepada Seorang Karyawan
Sumber: pexels

Bisa jadi hal ini merupakan yang paling jarang dilakukan oleh seorang atasan kepada bawahannya. Maklum, Anda tentu merasa kurang yakin bahwa bawahan Anda bisa melakukannya dengan baik. Dengan melakukan semua hal sendiri, Anda sebenarnya sedang melakukan hal yang tidak baik untuk karyawan. Karyawan akan menggantungkan semuanya kepada Anda. Kegiatan delegasi akan meningkatkan rasa kepercayaan diri karyawan. Selain itu, ia akan melakukan sebaik-baiknya tugas yang diberikan sehingga motivasi kerja tetap terjaga.

Fasilitas Mumpuni Menjadi Dambaan bagi Seorang Karyawan

Fasilitas Mumpuni Menjadi Dambaan Bagi Seorang Karyawan
Sumber: Pexels

Selain gaji, fasilitas adalah hal yang dilihat oleh seorang karyawan dari sebuah perusahaan. Fasilitas yang cukup bagus dan mumpuni tentu membuat karyawan merasa betah dan akan pikir dua kali untuk meninggalkan perusahaan Anda. Bisa jadi, mereka berpikir bahwa mereka tidak akan mendapatkan fasilitas sebaik itu jika mereka pindah. Fasilitas yang baik akan membuat karyawan juga merasa tenang ketika mereka akan bekerja setiap harinya.

Apresiasi & Kritik Secara Berimbang, Suntikan Moril untuk Setiap Karyawan Terbaik

Apresiasi & Kritik Secara Berimbang, Suntikan Moril Untuk Setiap Karyawan Terbaik
Sumber: Pexels

“Orang akan melupakan apa yang Anda perbuat, namun tidak akan melupakan bagaimana Anda membuat mereka merasakan sesuatu” inilah kutipan dari Maya Angelou. Untuk membuat seorang karyawan terbaik betah, tentu suntikan moril wajib dilakukan. Seorang atasan wajib memberikan apresiasi dan kritik secara berimbang. Terlalu banyak kritik akan membuat karyawan merasa tidak dihargai dan pekerjaan akan cenderung dilakukan dengan asal dan motivasi yang buruk. Berikanlah apresiasi yang cukup sehingga motivasi karyawan untuk bekerja maksimal tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here