Viral, Penjualan Tiket Pesawat AirAsia Hilang dari Aplikasi Traveloka

tiket pesawat AirAsia
sumber: tribunnews

Sejak pertengahan Februari 2019, opsi penjualan tiket AirAsia tak terlihat lagi di aplikasi Traveloka. Menghilangnya AirAsia sebagai salah satu pilihan maskapai penerbangan di Traveloka menggegerkan para pemburu tiket murah.

PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) memutuskan untuk tidak lagi bekerja sama dengan Traveloka secara permanen. Perlakuan diskriminatif dari pihak Traveloka atas promosi tiket Airasia di platform mereka disebut sebagai alasan hengkangnya AirAsia.

Dampak Hilangnya Tiket Pesawat AirAsia di Traveloka

Seperti yang dikutip dari Kumparan, dampak hilangnya penjualan tiket pesawat AirAsia di Traveloka berujung pada pemutusan kerjasama antara AirAsia dan Traveloka secara permanen. Pemutusan kerjasama ini tidak hanya berlaku di Indonesia saja, melainkan di banyak negara.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan merasa sangat dirugikan dan diperlakukan secara diskriminatif. Menurutnya, Traveloka bersikap diskriminatif karena telah menghilangkan secara misterius beberapa penjualan tiket pesawat AirAsia.

“Peniadaan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka menunjukkan sikap diskriminatif dan berat sebelah,” ujar Dendy.

Atas insiden ini, Dendy Kurniawan mengambil sikap untuk memutuskan kontrak kerjasama antara AirAsia dengan Traveloka secara permanen di enam negara, terefektif sejak tanggal 4 Maret 2019.

“Efektif kami suspend semua penjualan secara group semuanya di enam negara, yaitu Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, India, dan Jepang,” ungkap Dendy Kurniawan.

Dendy Kurniawan juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk memesan tiket pesawat AirAsia melalui website resmi perusahaan. Terkait hal ini, pihak Traveloka juga turut angkat bicara. Sufintri Rahayu, Public Relation Director Traveloka, menyayangkan keputusan AirAsia yang menyudahi kontraknya secara permanen.

Baca Juga: Traveloka Rilis Fitur Cek Status untuk Penumpang Pesawat

Menurut Rahayu, Traveloka masih berupaya secara maksimal agar para pelanggan dapat kembali menikmati pilihan maskapai yang selama ini tersedia di Traveloka. Rahayu juga mengatakan pihaknya akan berusaha untuk berdialog dengan AirAsia untuk menemukan solusi.

“Pada saat yang bersamaan, kami telah meminta waktu untuk berdialog dengan AirAsia sejak akhir pekan ini agar mendapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak,” ujar Rahayu.

Terkait hilangnya penjualan tiket pesawat AirAsia di Traveloka, Rahayu masih belum menjelaskan lebih lanjut. Padahal, klarifikasi dari Traveloka terkait hilangnya penjualan tiket AirAsia bisa menjadi langkah baik untuk meluruskan masalah.

Beri komentar Anda tentang artikel ini