Airdroid: Cara Mentransfer File dan Mirroring

Airdroid: Cara Mentransfer File dan Mirroring
Source: droiddigger

Aplikasi Airdroid memiliki beberapa kegunaan. Di antaranya adalah mentransfer file dari perangkat mobile ke desktop. Kegunaan lainnya adalah melakukan mirroring tampilan display pada perangkat mobile di desktop.

Seringkali kita ingin mentransfer file dari smartphone ke desktop namun tidak berhasil karena sistem operasi berbeda yang dijalankan oleh kedua perangkat tersebut. Sebab lainnya, mungkin saja USB tidak terbaca oleh desktop sehingga tidak ada koneksi diantara kedua perangkat.

Cara Mentransfer File dengan Airdroid

Airdroid memiliki kemampuan menskinkronkan smartphone atau tablet dengan desktop sehingga file bisa ditransfer dari smartphone ke desktop. Seperti ini langkah-langkahnya,

Sign-Up

Cara Mentransfer File dengan Airdroid
Foto: pcmag

Download Airdroid ke smartphone dan lakukan proses sign-up. Proses sign-up juga bisa dilakukan di desktop dengan membuka website Airdroid yaitu Airdroid.com. Pastikan username dan password didapatkan dari proses sign-up yang dilakukan di salah satu perangkat tersebut.

Transfer File

Untuk men-transfer file dari smartphone ke desktop, pengguna sudah harus terlebih dahulu log-in di perangkat smartphone. Setelah itu, di website pada desktop akan muncul ikon perangkat mobil yang digunakan (sebelah kanan). Klik ikon tersebut, maka semua folder atau file akan terlihat. Klik file yang akan di transfer ke desktop lalu pilih ‘download’ , pilih folder tujuan, lalu klik OK.

Foto: pcmag

Jika ada beberapa file yang akan di transfer, Airdroid akan meng-compress nya ke dalam archive zip. Langkah ini berlaku pula untuk file foto dan video. Sebaliknya, jika ingin melakukan transfer file dari desktop ke smartphone langkah yang yang dilakukan kurang lebih sama, hanya saja untuk ini pengguna tinggal mencari ikon ‘upload files’ di tampilan website Airdroid pada desktop.

Baca Juga: Begini Cara Cepat Transfer File dari PC ke Android

Airdroid juga dapat digunakan untuk melakukan mirroring tampilan display pada perangkat mobile di desktop. Caranya adalah dengan meng-klik tulisan Airmirror di website. Setelahnya, maka perangkat mobile sudah bisa dioperasikan lewat desktop. Jika meng-klik ‘remote camera’, maka tampilan sorotan kamera smartphone bisa dilihat di desktop. Jika hanya ingin melihat tampilan smartphone saja tanpa ingin mengoperasikannya, klik menu ‘view only mode’ pada Airmirror.

Untuk fungsi-fungsi mirroring yang lebih lengkap, developer Airdroid yakni Sand Studio telah merilis pula aplikasi baru yakni Airmirror.

Beri komentar Anda tentang artikel ini