Waspada! Bahaya Ini Bisa Terjadi Jika Wanita Terlalu Lama Bekerja

Bekerja melebihi jam kerja memang bukan merupakan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, para pekerja wanita juga kerap melakukan hal serupa demi mencapai target kerja. Padahal, ada berbagai bahaya yang bisa timbul jika wanita terlalu lama bekerja.

Kaum wanita karier tampaknya harus lebih waspada terhadap bahaya-bahaya yang jarang disadari tersebut. Kenali beberapa risiko berikut ini bila wanita terlalu lama bekerja:

Kualitas Kesehatan Menurun

Salah satu bahaya yang timbul jika wanita terlalu lama bekerja adalah kualitas kesehatan menurun. Berdasarkan suatu penelitian kesehatan, wanita yang bekerja lebih dari 40 jam per minggu selama 30 tahun memiliki risiko meninggal dunia lebih tinggi.

Sedangkan wanita yang bekerja lebih dari 60 jam per minggu berisiko mengidap berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, gangguan jantung, dan radang sendi.

Baca Juga: Stres Bikin Wanita Karier Rentan Naik Berat Badan

Risiko Stres Lebih Tinggi

Kondisi wanita terlalu lama bekerja juga lebih rentan mengalami stres daripada pria. Hal ini dapat terjadi karena wanita merasa lebih memiliki banyak tanggung jawab untuk urusan rumah tangga.

Jika kondisi rumah tangga dan pekerjaan tidak dapat berjalan beriringan, tentu saja hal tersebut rentan membuat wanita mudah stres. Gejala stres yang tidak ditangani secara serius bahkan berisiko menimbulkan depresi yang lebih berat.

Keharmonisan Keluarga Jadi Terganggu

Gangguan keharmonisan keluarga rentan dialami wanita karier yang sudah berkeluarga. Kalau wanita terlalu lama bekerja, kemungkinan besar fokus untuk keluarga jadi berkurang. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, terutama bila statusnya wanita karier yang sudah memiliki anak.

Jangan sampai suami dan anak merasa terabaikan karena kamu sibuk mengurus pekerjaan. Berusahalah meluangkan lebih banyak waktu untuk keluarga, terutama pada hari libur.

Hubungan dengan Orang-Orang Terdekat Jadi Merenggang

Selain keharmonisan keluarga, hubungan dengan orang-orang terdekat juga dapat merenggang bila wanita terlalu lama bekerja. Lelah bekerja membuat wanita karier tidak punya banyak waktu untuk bersosialisasi.

Akibatnya, hubungan dengan keluarga besar, sahabat, dan tetangga jadi tak hangat lagi. Sesibuk apa pun, sebaiknya kamu tidak mengabaikan momen interaksi yang hangat dengan orang-orang terdekat. Sehingga kamu tidak selalu merasa tertekan akibat tumpukan pekerjaan.

Giat bekerja demi mencapai jenjang karier impian dan mendapatkan gaji besar tentu sah-sah saja. Namun, jangan sampai kamu termasuk wanita yang terlalu lama bekerja hingga mengabaikan hal-hal penting di sekitarmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here