Ulang Tahun ke-10, Karyawan L’Oreal Bersih-Bersih Hutan Mangrove

Ulang Tahun Kesepuluh, Karyawan L'Oreal Bersih-Bersih Hutan Mangrove
L'Oreal Citizen Day 10th Edition

Tepat di ulang tahunnya yang ke-10, L’Oreal kembali menyelenggarakan L’Oreal Citizen Day untuk mengajak karyawan mengabdikan diri kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. L’Oreal Citizen Day yang ke-10 ini mengusung tema konservasi lingkungan. L’Oreal Citizen Day ini dilakukan serentak di seluruh kantor operasional L’Oreal.

Sekitar 300 karyawan L’Oreal Indonesia ikut dalam kegiatan bersih-bersih Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk dan penanaman bibir mangrove. Meski di bawah terik sinar matahari, namun para karyawan tetap semangat menyusuri Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk.

Didampingi oleh kelompok pegiat lingkungan, Sebumi, sejak pagi para karyawan yang terlibat terlihat sibuk dengan perlengkapan bersih-bersih hutan yang diberikan. Setiap kelompok memegang satu kantung sampah dan beberapa tongkat untuk memungkut sampah yang tercecer di area hutan mangrove.

Mengapa tahun ini L’Oreal memilih tema lingkungan sebagai konsep kegiatan L’Oreal Citizen Day?

Dijelaskan oleh Umesh Phakde, Presiden Direktur L’Oreal Indonesia, sebagai perusahaan produsen kosmetik, L’Oreal peduli terhadap setiap keindahan termasuk keindahan lingkungan.

“Penanaman mangrove menjadi sebuah langkah nyata yang dapat kami lakukan sebagai bentuk kontribusi dan cerminan tanggung jawab perusahaan dan karyawan L’Oreal. Kami yakin, aksi sekecil apapun dapat memberikan dampak baik untuk kelestarian alam,” jelasnya dalam jumpa pers bersama awak media, Selasa (25/06), di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk.

Dalam kegiatan ini, para karyawan tak hanya diajak untuk memungut sampah, namun juga mengenali seluk beluk tanaman mangrove yang dapat mencegah abrasi air laut. Mereka juga bersama-sama melakukan pembibitan dan penanaman mangrove, tak terkecuali Umesh.

Ulang Tahun Kesepuluh, Karyawan L'Oreal Terjun ke Hutan Mangrove
Umesh Phakde, Presiden Direktur L’Oreal Indonesia menanam bibit bakau di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk (Foto: Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Sekitar 5.100 bibit bakau ditanam di area Taman Wisata Pantai Indah Kapuk sebagai komitmen L’Oreal Indonesia dalam menjaga kelestarian alam. Sebagian karyawan yang bekerja untuk pabrik L’Oreal juga melakukan penanaman bibit mangrove di Kawasan Muaragembong Bekasi.

Hutan mangrove memiliki manfaat untuk mencegah abrasi dan tsunami, serta menjadi pencegah abrasi. Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove seluas 3 hektare atau lebih dari 20 persen dari total luas kawasan hutan mangrove dunia. Menurut data dari Sebumi, Jakarta sudah kehilangan 85 persen hutan mangrove dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

Baca Juga: Mangrove Center Tuban, Tempat Liburan Sekaligus Belajar Pelestarian Pesisir Pantai

Farah, salah satu karyawan L’Oreal Indonesia, mengaku baru pertama kali berkunjung ke hutan mangrove yang dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam ini. Menurutnya, ini pengalaman yang membawa dampak positif baik bagi lingkungan maupun bagi pengembangan diri karyawan.

Ulang Tahun Kesepuluh, Karyawan L'Oreal Bersih-Bersih Hutan Mangrove
Farah (kanan) dan rekannya sehabis membersihkan kawasan hutan mangrove dalam L’Oreal Citizen Day

“Saya sudah mengikuti L’Oreal Citizen Day sebanyak tiga kali, tetapi untuk yang bertemakan lingkungan baru kali ini. Menurut saya ini kegiatan yang positif ya,” ungkapnya saat ditemui Job-Like Magazine seusai melakukan bersih-bersih hutan.

“Selain kita bisa belajar banyak soal lingkungan dan seluk beluk tanaman bakau, kami juga belajar bagaimana caranya empati terhadap lingkungan. Sangat baik untuk pengembangan diri karyawan,” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here