Ini Alasan Sebenarnya Alonso Pensiun dari Balapan F1

Alasan Fernando Alonso Pensiun
Source: skysports

Fernando Alonso memutuskan untuk pensiun dari balapan Formula 1. Posisi Alonso di tim F1 McLaren digantikan oleh Carlos Sainz.

Fernando Alonso belum lagi meraih juara di sepanjang balapan F1 yang sudah digelar musim ini. Kendati demikan pembalap asal Spanyol telah memutuskan dirinya akan mengundurkan diri dari balapan F1 di akhir musim nanti.

“Aksi balapan di lintasan (sudah) tidak sama seperti saat pertama kali saya bergabung dengan F1, atau pada balapan lain, atau dengan aksi balapan di tahun-tahun sebelumnya, “ ungkap Alonso seperti dikutip Autosport.

Kendala Non Teknis Jadi Alasan Alonso Pensiun

Selain perbedaan atmosfir balapan, Fernando Alonso juga menyatakan bahwa yang diperbincangkan di F1 sekarang sudah bukan lagi persoalan-persoalan teknis membalap.

“Kita membahas polemik. Kita membahas (penggunaan) pesan radio. Kita membahas hal-hal semacam itu, dan kita seringkali membahasnya, itu tanda-tanda yang tidak baik,” papar Alonso.

Alonso juga menyatakan bahwa saat ini hasil dari setiap balapan sudah terlalu mudah ditebak. Hal itu berbeda dengan di musim 2003 hingga 2011. Saat itu, menurut Alonso, meski dirinya tidak juara, penonton akan sulit menebak siapa yang akan berdiri di akhir podium setiap kali balapan usai digelar.

Apa yang dinyatakan Alonso cukup masuk akal. Di musim balapan 2003, delapan pembalap dari lima tim yang berbeda pernah mencicipi gelar juara di sepanjang musim. Di musim 2017, hanya lima pembalap dari tiga tim yang pernah menjadi juara di sepanjang musim.

Meski demikian, Alonso tetap membuka kemungkinan dirinya akan kembali membalap di F1. Pasalnya Alonso mengakui bahwa hubungannya dengan tim McLaren sudah sangat dekat. Disamping itu Alonso meyakini bahwa McLaren bisa membangun tim yang tangguh di masa depan.

Baca Juga: McLaren Benahi Kendala, Alonso Makin ‘PeDe’ Jelang Balapan Australia

Fernando Alonso memulai karirnya di F1 pada tahun 2000 saat ditunjuk oleh tim Minardi untuk menjadi test driver. Setelah pindah ke Renault, Alonso berhasil menjadi juara dunia pada 2005. Posisi juara dunia tersebut berhasil dipertahankannya pada 2006.

Selanjutnya kemenangan terakhir Alonso diraihnya bersama Ferrari di GP Spanyol pada musim 2013. Setelah kemenangan tersebut Alonso belum pernah lagi naik ke podium semenjak GP Hungaria pada musim 2014.

Dengan pensiunnya Fernando Alonso maka musim depan maka akan ada dua kursi kosong di tim McLaren. Selain ditinggalkan Alonso, Stoffel Vandoorne juga belum memperpanjang kontraknya. McLaren belum memutuskan nasib Vandoorne selanjutnya. Namun kabarnya pembalap Renault, Carlos Sainz, akan ditunjuk untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Fernando Alonso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here