Kenapa Fresh Graduate Harus Melamar ke Banyak Lowongan Kerja?

Melamar di banyak lowongan kerja kerap dilakukan para fresh graduate. Bukan hanya mendaftar di satu atau dua perusahaan, melainkan bisa lebih dari sepuluh. Sebagian orang menganggap menyebar CV ke banyak perusahaan tidaklah efektif, namun benarkah demikian?

Bagi fresh graduate yang benar-benar butuh sesegera mungkin bekerja, opsi menyebar CV sebenarnya sangat disarankan. Bukankah memasukkan lamaran ke banyak tempat juga membuka peluang dipanggil rekruter? Berikut beberapa alasan kenapa seseorang yang baru saja lulus kuliah sebaiknya melamar di banyak lowongan kerja.

Menggali Minat akan Karier yang Diinginkan

Fresh graduate biasanya masih dalam tahap mencari-cari apa yang diinginkan. Jangankan jenjang karier impian, memilih pekerjaan pun kadang masih menjadi keresahan tersendiri. Melamar di banyak lowongan kerja setidaknya menjadi media menggali minat dan karier di masa depan.

Tiap melamar pekerjaan, seseorang tentunya membaca persyaratan serta mencari tahu garis besar job desc-nya. Nah, dari situlah para fresh graduate setidaknya bisa belajar mengenal berbagai macam pekerjaan. Memahami profil perusahaan juga dapat menggiring minat serta karier para fresh graduate.

Mendorong Diri agar Tak Mudah Menyerah

Salah satu hal yang harus dihindari fresh graduate kala mencari kerja adalah sikap putus asa. Tidak bisa dipungkiri kalau jumlah lowongan pekerjaan sekarang tak sebanding dengan jumlah pelamar kerja. Hal ini rentan membikin para pelamar kerja baru tersebut mudah menyerah saat gagal.

Melamar ke banyak lowongan dapat menumbuhkan rasa semangat tersendiri. Secara tidak langsung, alam bawah sadarnya percaya bahwa ada kesempatan lain tersedia. Dengan begitu, rasa percaya diri pun tetap terjaga meski berulang kali mengalami penolakan.

Baca Juga: Pertanyaan Wawancara Tersulit Ini Sering Sukar Dijawab Fresh Graduate

Meningkatkan Kesempatan Diterima Kerja

Terakhir, melamar di banyak lowongan kerja jelas memperlebar kesempatan diterima kerja. Peluang dipanggil oleh rekruter juga besar, meski jelas tidak mudah. Bayangkan, apa jadinya jika seorang fresh graduate terlalu keras kepala hanya melamar di satu atau dua pekerjaan yang diidamkan saja?

Hampir dipastikan dia nyaris kehilangan banyak peluang kerja di tempat lain. Padahal, hal penting yang sebaiknya dimiliki fresh graduate adalah merasakan pengalaman kerja. Selagi masih ada kesempatan di tempat lain, tidak ada salahnya terus mencoba bukan?

Semoga informasi di atas dapat menjadi bahan petimbangan bagi para fresh graduate yang tengah berjuang mendapatkan pekerjaan. Banyak lapangan kerja bisa dicoba asalkan mau belajar dan berusaha. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here