Stop Bossy di Kantor! Ini 4 Alasan yang Harus Kamu Perhatikan

Memiliki ambisi yang tinggi dan tujuan yang jelas memang dibutuhkan oleh seorang pemimpin perusahaan. Namun bukan berarti ini menggiring seorang bos untuk bersikap bossy di kantor.

Sikap bossy bukanlah sikap ideal seorang pemimpin yang baik, dan ini juga benar-benar tak disukai karyawan lain. Tipe kepribadian seorang bos yang bossy tentunya sangat senang memerintah, bahkan kecenderungan untuk menerapkan micromanagement.

Padahal untuk menjadi seorang bos yang baik, kamu tidak perlu mengubah diri menjadi sosok bossy yang menyebalkan. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu harus berhenti bersikap bossy di kantor:

Kamu Jadi Sering Mengintimidasi dan Memaksakan Ide

Selama ini kamu mungkin sering mencoba untuk memaksakan poinmu dan gagal untuk mendengarkan orang lain. Sisi baiknya, kamu memang percaya pada ide-ide yang ada di dalam kepalamu. Namun kadang kamu lupa jika ada sudut pandang lain yang perlu didengarkan dari pihak-pihak lain.

Keinginanmu untuk mendominasi sering membuatmu lepas kontrol dengan cara mengintimidasi orang-orang yang tidak senang bersuara. Selain itu, kamu tidak menanggapi kritik atau intervensi orang lain ketika memberikan masukan tentang apa yang menjadi ide andalanmu.

Baca Juga: Bossy Coworker, Rekan Kerja di Kantor yang Sering Banget Bikin Stres

Kamu Menjadi Tak Sabar dengan Kinerja Orang Lain

Perlu diingat jika setiap orang memiliki sistem kerja yang berbeda-beda bahkan untuk mendapatkan hasil yang sama. Sikap bossy yang melekat di dalam dirimu seringkali menimbulkan ketidaksabaran ketika kamu melihat orang lain bekerja tidak secepat yang kamu lakukan.

Saat kamu melihat ada anggota tim yang bekerja lebih lambat, tapi lebih analitis dan metodis maka kamu akan merasa geram. Penting untuk menyadari bahwa kamu membutuhkan kedua tipe orang tersebut di tim untuk menyelesaikan tugas ke standar setinggi mungkin.

Bekerja Terlalu Sensitif dan Kompetitif

Sadarilah bahwa untuk maju dalam karier, kamu akan membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitar. Dorong dirimu untuk melihat pekerjaan sebagai lebih dari sekadar kompetisi, tetapi lebih sebagai kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama.

Jika kamu menjadi bossy di kantor, maka kamu tidak mudah bergaul dengan semua orang. Sebaliknya kamu perlu berhati-hati terhadap orang-orang di sekitar yang mungkin merasa tidak suka dengan sikapmu selama ini.

Melampaui Kewenangan

Kamu memiliki kecenderungan untuk melampaui kewenangan, karena kamu lebih suka bertanggung jawab. Kamu senang mengambil keputusan tanpa meminta pendapat anggota tim lainnya, atau mengubah sesuatu yang sebenarnya di luar wewenangmu.

Ini sering menjadi masalah dan membuatmu berperan sebagai sosok antagonis di kantor. Saat kamu harus membiarkan orang lain memimpin dalam proyek tertentu, kamu harus sangat berhati-hati agar tidak menantang otoritas mereka.

Cobalah untuk fokus pada upaya untuk belajar dari teknik kepemimpinan mereka untuk memperbaiki diri. Serta menetapkan tujuan pribadimu untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memenuhi tugasmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here