Ini Alasan Mengapa Kalimantan Tengah Layak Jadi Ibu Kota Baru RI

Kalimantan Tengah
sumber: moneysmart

Seperti yang sudah ramai diberitakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berencana ingin memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke pulau Kalimantan Tengah, tepatnya, ke Palangkaraya.

Rencana pemindahan Ibu Kota ini terlihat cukup serius dan akan segera diterapkan. Lantas, mengapa Jakarta tidak lagi pantas menyandang gelar Ibu Kota? Lalu mengapa Ibu Kota yang baru harus berlokasi di pulau Kalimantan Tengah? Simak ulasannya dibawah ini.

Alasan Pulau Kalimantan Tengah Layak Menjadi Ibu Kota Baru RI

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, ada sejumlah pertimbangan penting yang menjadikan Palangkaraya-Kalimantan Tengah layak menjadi Ibu Kota Indonesia. Salah satunya, faktor luas daerah yang dinilai cukup menopang.

Sumber: terkini

Baca Juga: Ibu Kota Indonesia Bakal Pindah, Palangkaraya Jadi Calon Kuat Ibu Kota Baru

Selain itu, Kalimantan Tengah juga dianggap memenuhi kualifikasi dengan kondisi infrastrukturnya yang lengkap, mulai dari jalan tol, pelabuhan laut, serta bandara dengan taraf internasional juga tersedia seperti di Jakarta.

Selain aspek tersebut, wilayah Kalimantan Tengah juga bukanlah pusat ekonomi dan bisnis, sehingga nantinya Ibu Kota yang baru ini akan lebih difokuskan untuk mengurusi masalah kenegaraan saja tanpa adanya elemen lain.Pasalnya, Jakarta saat ini tak hanya sebagai Ibu Kota, melainkan juga pusat bisnis dan ekonomi sentral di Indonesia. Hal ini berdampak pada kepadatan penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang tidak merata di Indonesia.

Masalah banjir di Jakarta juga sulit diatasi mengingat kondisinya sudah terlalu padat. Sehingga pemerintah juga kesulitan untuk membenahi wajah Ibu Kota. Karena hal ini pemerintah akan memisahkan Ibu Kota agar tidak kembali menjadi pusat bisnis dan ekonomi.

sumber: tirto

Pemindahan Ibu Kota ini diharapkan bisa mengurangi over population di Jakarta. Selain itu, pemindahan ini menjadi langkah pemerintah agar pembangunan di Indonesia bisa merata dan sejajar dengan daerah lainnya.

Sebelumnya, wacana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta menuju Palangkaraya-Kalimantan Tengah sudah digaunhkan oleh Presiden Indonesia pertama, Bung Karno. Kala itu, Bung Karno juga sudah berniat memisahkan Ibu Kota dari pusat ekonomi.

Selain Bung Karno, wacana pemindahan Ibu Kota juga sudah banyak di wacanakan oleh Presiden Indonesia terdahulu sebelum Joko Widodo. Apakah generasi saat ini akan menjadi saksi sejarah pindahnya Ibu Kota dari Jakarta menjadi Palangkaraya? Kita nantikan saja ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here