Bukan Hanya Penuaan, Faktor Ini Juga Bisa Jadi Alasan Anda Punya Keriput di Dahi

Bukan Hanya Penuaan, Faktor Ini Juga Bisa Jadi Alasan Anda Punya Keriput di Dahi
Sumber: Skincareorg

Menakutkan. Barangkali, ini adalah hal pertama yang dirasakan untuk menggambarkan bagaimana wanita melihat keriput di dahi. Menurut peneliti Yolande Esquirol, ada alasan valid yang membuat banyak orang harus bertemu dokter untuk mengatasi keriput. Dalam penelitian terkini, meskipun studinya belum dipublikasikan, Dr. Esquirol mengungkapkan bahwa semakin dalam kerutan di dahi, semakin tinggi pula risiko penyakit kardiovaskuler. Untuk tahu lebih lanjut, Anda bisa simak artikel berikut.

Tinjauan Lebih Lanjut tentang Masalah Keriput di Dahi

keriput di dahi

Penelitian tentang Keriput

Studi yang dilakukan oleh Dr. Esquirol diikuti oleh wanita berusia 30 – 60 tahun selama lebih dari 20 tahun. Hasilnya menyatakan bahwa ‘kulit minimal – tidak ada keriput’ (memiliki skor nol) membawa risiko terendah. Dan sekarang ini, ada bukti anekdotal yang menyatakan adanya hubungan antara keriput di dahi yang dalam dengan cerminan faktor gaya hidup seperti pola makan yang tidak sehat, stres, dan usia, yang berkontribusi pada risiko kardivaskuler yang lebih tinggi.

Baca Juga: Body Pump: Olahraga untuk Badan Kencang dan Sehat

Masalah Keriput di Dahi Sesuai dengan Umur

Bila Anda berusia 20 – 30 tahun

Segera menyingkir dari retinol (sekali Anda menggunakan persentase tinggi, akan sulit untuk kembali) dan lihatlah bagaimana kondisi lingkungan Anda. Apakah Anda mengaplikasikan tabir surya? Apakah Anda memakai pelembap dengan cukup? Apakah Anda melakukan eksfoliasi sekali dalam seminggu? Bagaimana Anda menjalani hidup Anda?

Peneliti menemukan bahwa faktor eksternal dan internal seperti stres dan polusi dapat menyebabkan ‘formasi’ keriput pada kulit.  Untuk mengatasinya, ‘Tetap tenang dan jalani hidup Anda’. Terapkan rutinitas anti-stres dalam kehidupan Anda. Anda juga bisa melakukan latihan postur atau mengubah pola makan untuk mencegah keriput di dahi bertambah parah.

Bila Anda berusia 30 – 40 tahun

Pada awal usia 30 tahun, masih terlalu awal untuk mencoba mengaplikasikan kosmetik yang mengandung bahan kimia. Jadi, hemat uang Anda dengan tidak memakai retinol dan retin A. Pada usia ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai light-chemical exfoliation dengan face acids. Sel kulit mati dapat menumpuk dan menggelapkan tampilan keriput.

Anda juga dapat berinvestasi pada beberapa serum vitamin C bila Anda belum melakukannya. Tentu saja, kulit yang mendekati usia 40 tahun menjadi kurang terhidrasi secara signifikan. Untuk itu, selain melakukan eksfoliasi kulit, pastikan Anda untuk selalu melembapkan kulit dengan krim malam dan minum air yang cukup tiap hari. Keduanya dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit dan mencegah keriput di dahi.

Usaha nyata yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum 8 gelas air tiap hari. Setelah mengaplikasikan tabir surya, hidrasi menjadi langkah paling penting selanjutnya untuk membuat kulit mencapai tekstur elastis. Sedangkan untuk face acids, carilah produk acids, seperti asam laktat yang bisa memberi pengaruh melembapkan. Atau, pastikan untuk membeli produk yang mengandung hyaluronic acid.

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit cenderung berjerawat, cari produk yang mengandung azaleic, salicylic, glycolic, lactic, mandelic; untuk kulit dewasa, Anda bisa mencari produk yang mengandung glycolic, lactic, ascorbic, dan ferulic; sedangkan Anda yang memiliki masalah pigmentasi, carilah produk yang mengandung kojic, azelaic, glycolic, lactic, linoleic, ascorbic, dan ferulic.

Check-list Keriput di Dahi

Ada beberapa hal yang perlu Anda periksa bila ini berkaitan dengan keriput di dahi. Misalnya:

  • Kesehatan mental. Apakah Anda sangat stres, depresi, atau cemas?
  • Hidrasi kulit. apakah Anda minum air dengan cukup serta mengaplikasikan pelembap secara teratur?
  • Perubahan cuaca. Apakah Anda memperhatikan kelembapan dan kekeringan di udara?
  • Faktor gaya hidup. Apakah Anda mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan melakukan check-up secara rutin?

Semua faktor tersebut tanpa disadari dapat menjadi penyebab keriput di dahi. Jadi, tidak hanya faktor usia saja. Untuk itu, segera perbaiki ritual perawatan kulit Anda.

Beri komentar Anda tentang artikel ini