Kenapa Perlu Menyiapkan Dana Pensiun Sekarang? Simak Alasannya!

Menyiapkan dana pensiun penting untuk dilakukan sedari dini, jika perlu sejak awal bekerja. Kalau PNS bisa mendapatkan uang pensiun di hari tua, maka lain halnya dengan karyawan swasta. Tidak mungkin kan kita nggak punya pegangan untuk biaya hidup di masa tua nanti saat sudah tak bekerja?

Jangan tunda untuk mengumpulkan tabungan di hari tua. Berikut alasan kenapa kamu harus menyiapkan dana pensiun mulai sekarang:

Tidak Menjadi Beban bagi Anak

Tentu kamu tidak mau kan hidup menua dengan membebani anak-anakmu kelak? Ingat, kamu harus hidupi dirimu sendiri ketika sudah tidak bekerja lagi. Jangan mengharapkan anak-anakmu di masa mendatang akan membiayai semua kebutuhanmu.

Dengan menyiapkan dana penisun, maka kamu sudah siap menjadi orang tua yang tidak membebani anak sendiri. Kamu sudah punya pegangan cukup untuk bekal di usia yang tidak produktif lagi. Anak-anakmu pun bisa fokus mengurus dirinya sendiri dan keluarga kecilnya.

Antisipasi Hal Tak Terduga

Tidak ada yang bisa memprediksi akan hadirnya suatu bencana atau penyakit. Bayangkan. apa jadinya seandainya di masa tua nanti kamu harus mengalami sakit tanpa adanya tabungan yang cukup? Tentu tidak ada yang ingin terkena penyakit selagi masih hidup, tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga.

Memiliki dana pensiun berarti sudah siap menghadapi segala kemungkinan buruk di hari tua. Kamu masih bisa mandiri menyelesaikan masalah finansial tanpa perlu merepotkan orang lain. Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan ya.

Baca Juga: Ingin Hidup Tenang di Masa Tua? Persiapkan 4 Hal Ini!

Tenang Hidup di Hari Tua

Kamu sudah bekerja keras di usia produktif, tentunya kamu ingin menikmati hari tua dengan bahagia bukan? Menyiapkan dana pensiun sejak dini bisa membantumu memenuhi target finansial di hari tua. Kamu dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari tabungan yang sudah jauh-jauh hari disiapkan.

Di zaman sekarang masih ada kasus beberapa orang tua yang terjerat berbagai utang di usia senja. Ini salah satu contoh dari pengelolaan uang yang kurang baik kala masih muda. Jangan sampai ya hidupmu nggak tenang di hari tua karena terlalu memikirkan banyak utang.

Mewujudkan Impian Saat Pensiun

Pernahkah kamu membayangkan bisa pergi ke suatu tempat indah di dunia hanya berdua dengan pasanganmu? Bahkan, akan jauh lebih romantis kalau bisa ke sana saat sudah sama-sama pensiun ya. Ya, kamu bisa mewujudkan impian tertunda di masa muda andai jauh-jauh menyiapkan dana pensiun.

Puaskanlah hari-harimu saat sudah pensiun kelak. Nikmati kerja kerasmu bertahun-tahun dengan memberikan hadiah yang layak untuk hari senjamu. Seperti kata pepatah, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian.

Jadi, jangan tunda menyiapkan dana pensiun mulai sekarang ya! Kamu bisa memulainya dengan menyimpannya dalam bentuk deposito atau pun investasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here